PEMBELAJARAN MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

ACHMAD YULIANTO

Abstract


Abstrak


 


Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan zaman untuk menyiapkan siswa dalam tuntutan kurikulum 2013, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan pembelajaran; 2) keterampilan proses sains siswa dan; 3) respon siswa terhadap pembelajaran sistem ekskresi manusia menggunakan pendekatan saintifik. Keterampilan proses sains siswa masih cenderung lemah dan perlu bimbingan guru. Penelitian ini dilakukan dengan melatihkan keterampilan proses sains untuk mencapai keberhasilan hasil belajar pembelajaran IPA yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan menggunakan satu kelas perlakuan, yaitu kelas VIII-D. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterlaksanaan pembelajaran sistem ekskresi manusia menggunakan pendekatan saintifik berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rata-rata dari pertemuan 1 meningkat pada pertemuan 2, yaitu sebesar 3,7 (kriteria sangat baik) menjadi 3,8 (kriteria sangat baik). 2) Keterampilan proses sains mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap. 2a) Kompetensi pengetahuan siswa  menunjukkan 100% siswa tidak tuntas saat pretest kemudian meningkat menjadi 97,30% siswa tuntas dengan perolehan N-Gain sebesar 0,79. 2b) Nilai rata-rata tiap aspek keterampilan proses sains saat pretest masing-masing; mengamati 1,77, merumuskan masalah 2,11, merumuskan hipotesis 0,69, interpretasi data 2,11, menarik simpulan 0,63 dan mengkomunikasikan 2,17. KPS mengalami peningkatan saat posttest masing-masing;  mengamati 3,89, merumuskan masalah 3,89, merumuskan hipotesis 4,00, interpretasi data 4,00, menarik simpulan 3,68 dan mengkomunikasikan 3,89. 2c) Keterampilan siswa menggunakan alat meliputi menggunakan indikator universal, menggunakan pipet tetes dan menggunakan gelas ukur mencapai nilai rata-rata masing-masing sebesar 3,59, 3,54, dan 3,73. 2d) Kompetensi sikap siswa mengalami peningkatan dari nilai modus 3 dengan kriteria baik menjadi nilai modus 4 dengan kriteria sangat baik. 3) Siswa memberikan respons yang baik sekali terhadap pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran sistem ekskresi manusia menggunakan pendekatan saintifik, dengan persentase siswa yang memberikan jawaban positif adalah 92,80%.


 


Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Keterampilan Proses Sains, Melatihkan


 


 


Abstract : In order to satisfy demands development era for preparing students in 2013, the curriculum. The study is to describe: 1) fasibility of learning; 2) science process skills of students; 3) students response to learning human excretion system using scientific approach. Science process skill of a science student still weak and tend to guidance teacher.The research done by training skills the science of the study of science learning to achieve the desirable. This research is pre-experimental with treatment one class. The samples used in the study were students of class VIII-D. The results showed: 1) enforceability learning human excretion system using scientific approach is effective, with an increase in the average score of the meeting 1 meeting rose at 2, is equal to 3.7 (very good criteria) to 3.8 (very good criteria). 2) Science process skills include knowledge competency, skill competency and attitude competency. 2a) Knowledge competency of students showed 100% students not settled when pretest then increased become 97,30% students completed with N-Gain score 0,79. 2b) mean value every aspect of science process skills when pretest have: observe 1,77, formulate problems 2,11, formulating hypotheses 0,69, interpretation of data 2,11,conclusion 0,63, communicate 2,17. Science process skill  increased during posttest: observe 3,89, formulate problems 3,89, formulating hypotheses 4,00, interpretation of data 4,00, conclusion 3,68, communicate 3,89. 2c) Students skills use equipment as use of indicators universal, using pipet drops, and uses measuring glass reach average each 3,59, 3,54, and 3,73. 2d) The students attitude competency have increased from modus value 3 with a good criteria become modus value 4 with a very good criteria. 3) Students respons well at all to learning by applying learning human excretion system using scientific approach, with the percentage of students who gave a positive answer is 92.80%.


 Keywords : Scientific Approach, Science Process Skills, Training


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.