IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 1 MADIUN

LAILATUL ROHMAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, keterampilan proses sains siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran guided discovery. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experimental, dengan rancangan penelitian one-group pre-test post-test design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-F SMP Negeri 1 Madiun, ditetapkan dengan purposif sampling. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rerata dari pertemuan 1 hingga pertemuan 3, yaitu sebesar 3,31 (baik) pada pertemuan 1, 3,49 (baik) pada pertemuan 2,02 dan 3,88 (sangat baik) pada pertemuan 3. Dari analisis uji N-Gain keterampilan proses sains mengalami peningkatan. Nilai keterampilan proses sains awal siswa adalah 2,02 mengalami peningkatan menjadi 3,41 dengan ketuntasan siswa sebesar 90% dan hanya 10% yang tidak tuntas. Hasil uji N-Gain diperoleh hasil bahwa tiap aspek keterampilan proses sains mengalami peningkatan yaitu: 5 aspek dengan kategori tinggi, dan 1 aspek dengan kategori sedang. Siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran dengan model guided discovery sebesar 90%.


 Kata Kunci: Guided Discovery, Keterampilan Proses Sains


 


Abstract


This aimed to describe the enforceability of learning, science process skills of students, and the students' response to guided discovery learning model. This type of research is experimental, design with pre experimental design. The targets of this research were students of class VII-F SMP 1 Madiun, determined by purposive sampling technique. Technique of The results showed, enforceability guided discovery learning model is effective, with an increase in the average score of the meeting of 1 to 3 meetings, which amounted to 3.31 (good criteria) in the first meeting, 3.49 (good criteria) at the meeting of 2, and 3, 88 (very good criteria) at a meeting 3. From N-Gain test analysis science process skills increased. The value of early science process skills of students is 2.02 increased to 3.41 with the thoroughness of students by 90% and only 10% of students who did not complete. From the test results of N-Gain result that every aspect of science process skills increased, 5 aspect with high category, and one aspect of the medium category. Students give a very strong positive response to the learning process of students guided discovery model that gives a positive response of 90%.


 Keywords : Guided Discovery, Science Process Skills 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.