Penerapan Model Pembelajaran Nature Of Science (NOS) Materi Dampak Pencemaran Bagi Kehidupan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa

NIATUS SHOLIHAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Nature Of Science (NOS) materi dampak pencemaran bagi kehidupan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E yang berjumlah 38 siswa di SMP Negeri 2 Buduran. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil pre-test dan post-test siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji-t berpasangan, dan uji gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Nature Of Science (NOS) materi dampak pencemaran bagi kehidupan dapat mempengaruhi pemahaman konsep yang ditunjukkan dengan hasil belajar pemahaman konsep siswa sebesar 0,54 dengan peningkatan sedang, sikap spiritual dan sosial menunjukkan persentase yang baik, keterampilan kinerja dan keterampilan proses sains masing-masing sebesar 2,95.


Kata kunci : Nature Of Science, dampak pencemaran bagi kehidupan, pemahaman konsep.


.


Abstract


This research purpose to describe the student learning results after applying Nature of Science (NOS) learning model in the impact of pollution for life material. This research used a pre-experimental research which use one group pre-test-post-test design. The sample used in this study were 38 students of VII-E class in Junior High School 2 Buduran. The data obtained in this study is the results of pre-test and post-test. This research uses data analysis techniques including normality test, paired t-test, and the test score gain. The results showed that the application of learning models Nature of Science (NOS) the material impacts of pollution for life affects the students understanding of the concept it was shown by the results of understanding the concept of student learning outcomes of 0,54 with the increase being, spiritual and social attitudes showed a good percentage, performance skills and science process skills each by 2,95.


 Keywords: nature of science, pollution impact for life, understanding the concept.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.