IMPLEMENTASI MODEL DISKUSI STRATEGI BEACH BALL UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP KELAS VII-A SMPN 17 SURABAYA

NADIYA EKA SAFITRI

Abstract


Abstrak


       Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran model diskusi strategi beach ball, aktivitas siswa, keterampilan komunikasi serta hasil belajar siswa yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan rancangan penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design dan sasaran penelitian adalah siswa kelas VII-A SMPN 17 Surabaya berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar penilaian tes keterampilan komunikasi, lembar tes hasil belajar. Metode analisis data meliputi analisis keterlaksanaan pembelajaran, analisis lembar aktivitas siswa, analisis lembar penilaian tes keterampilan komunikasi dan analisis hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama mendapat skor 3,30 dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua dan ketiga mendapat skor 3,50 dan 3,67 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas yang dipakai siswa untuk melatih keterampilan komunikasi yaitu, mengerjakan LKS mendapat rata-rata persentase 14,17%, berdiskusi dengan teman sebesar 14,17% dan mengemukakan pendapat dalam diskusi sebesar 22,71%. Keterampilan komunikasi siswa dengan predikat sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang berturut-turut adalah 13,89%; 75,00%; 8,33%; 2,78% dan 0,00%. Hasil belajar kompetensi sikap spiritual mendapat predikat baik sebesar 61,11%, sangat baik 25,00% dan cukup 13,89%. Sikap sosial mendapat predikat baik sebesar 75,00%, cukup sebesar 13,89%, dan sangat baik 11,11%. Ketuntasan kompetensi pengetahuan secara klasikal sebesar 91,67% dan kompetensi keterampilan secara klasikal sebesar 88,89%.


Kata kunci: Model Diskusi Strategi Beach Ball, Keterampilan Komunikasi


 


Abstract


The aims of this study to describe the feasibility study model of strategy discussions beach ball, student activities, communication skills and student learning outcomes include attitude competencies, knowledge and skills. The research is a pre-experimental study design One Group Pre-Test Post-Test Design and targets were students of class VII-A SMPN 17 Surabaya with 36 students. Instruments used observation management learning sheet, student activity observation sheet, communication skills assessment test sheet, achievement test sheet. Data analysis methods include the analysis of feasibility study, analysis of student activity sheet, sheet analysis of communication skills assessment tests and analysis of student learning outcomes. These results indicate that the feasibility study on the first meeting got a score of 3.30, with good criteria and on the second and third meetings got a score of 3.50 and 3.67 with very well criteria. Activities that used students to practice the skills of communication are , doing LKS gets an average percentage of 14.17%, a discussion with a friend of 14.17% and express opinions in a discussion at 22.71%. Communication skills of students with predicate very good, good, fair, less and very less are respectively 13.89%; 75.00%; 8.33%; 2.78% and 0.00%. Learning outcomes competences spiritual attitude either received the title of 61.11%, 25.00% excellent and fairly 13.89%. Social attitudes gets a good rating of 75.00%, quite by 13.89%, 11.11% and very good. Completeness competence in classical knowledge and competence of 91.67% in classical skill of 88.89%.


Keywords: Discussions Model with beach ball strategy, communication skills


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.