ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 5 SIDOARJO TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E P ADA MATERI TEKANAN PADA ZAT CAIR

ATIK PURWATI WAHYULI

Abstract


Abstrak 


      Penelitian dilatarbelakangi dari pembelajaran materi tekanan pada zat cair yang umumnya masih berpusat pada guru sehingga pembelajaran kurang bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat mendukung hal tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E sehingga diharapkan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa di SMPN 5 Sidoarjo setelah diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimental menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Sasaran penelitian yaitu siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 33 siswa. Penentuan kelas sampel ini dipilihkan oleh guru bidang studi IPA secara acak. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh berdasarkan analisis uji-t berasangan, N-gain score dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil belajar siswa pada kompetensi sikap telah mencapai predikat ketuntasan “Baik” dan “Sangat Baik”. Ketuntasan belajar kompetensi pengetahuan mengalami peningkatan dari 5 siswa yang tuntas pada pretest menjadi 26 siswa yang tuntas pada posttest, serta uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Hasil uji N-gain score menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata pada kelas VIII-2 sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hasil belajar kompetensi keterampilan pada kelas VIII-2, menunjukkan 12,00% siswa mendapatkan predikat A, 79,00% siswa mendapakan predikat A- dan sisanya sebesar 9,00% mendapatkan predikat B+. Dari penelitian ini seluruh siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi tekanan pada zat cair dan diharapkan dapat diterapkan pada pokok bahasan yang lainnya sehingga pembelajaran lebih bervariasi dan bermakna.


Kata kunci : Model pembelajaran  Learning Cycle 5E, Tekanan pada zat cair, Hasil belajar siswa


 


Abstract


 


      The background of the pressure liquid material in generally teaching-learning process is the teacher centered that made the learning process less meaningful. One of the appropriate learning models which encourage the students’ problem above was Learning Cycle 5E model where the model could give the positive effects to the students’ learning results. This study aimed to identify the students’ learning results in SMPN 5 Sidoarjo after the implementation of Learning Cycle 5E model. This research used pre-experimental research design by using one group pretest-posttest. The sample of this study in VIII-2 class with 33 students. The selection of the sample based on the Science teacher who chose VIII-2 as the random sampling. The data analysis techniques of this study were quantitative descriptive analysis obtained by the analysis of paired sampel t-test, completeness N-gain score and students’ learning results. Based on the research result after the implementation of Learning Cycle 5E model, the students’ learning result of attitude competence in VIII-2 got achievement predicates, “Good” and “Very Good”. The skill competence increased from 5 of students who passed the pretest to 26 of students who passed the posttest and the t-test showed the significance differences between the results of pretest and posttest. The gain-test result showed that the students’ learning result increased with 0.58 of mean score in VIII-2 which include in intermediate level. The skill competence result in VIII-2 was 12.00% of students got “A”, 79.00% of students got “A-“ and 9.00% of students got “B+”. From the observation, the researcher got that students gave positive responds to the Learning Cycle 5E model on the pressure liquid material where the model could apply to the other topics that make the teaching-learning process more variant and meaningful.


Keywords : The Learning Cycle 5E Model, the pressure liquid material, the students’ learning results


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.