IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI METABOLISME TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 SIDOARJO

VIKI ANDI SUDRAJAT

Abstract


Abstrak


       Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap metode pembelajaran problem solving. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre test post test design. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-8 SMPN 5 Sidoarjo sebanyak 30 siswa. sampel penelitian tersebut ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sample. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu : soal pre test dan post test, serta. data hasil belajar dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan , berdasarkan perhitungan uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan nilai yang diperoleh siswa pada hasil ujiannya (pre test dan post test) sebesar 78,7%.


Kata kunci : Implementasi, Metode problem solving, Hasil belajar metabolisme


Abstract


     The study aimed to describe the feasibility study, student activities, student learning outcomes and student response to teaching methods of problem solving. This type of research used in this study are pre-experimental research design with one group pretest posttest design. The research sample used in this study were students of class VII-8 SMPN 5 Sidoarjo many as 30 students. The study sample set by using purposive sampling technique. The research instruments used were: learning outcome data were analyzed using the N-Gain test and t-test. The results showed, based on the calculation of the N-Gain test showed an increase in the value obtained by students on exam results (pre-test and post-test) amounted to 78.7%.


Keywords : Implementation , Methods of problem solving , learning outcomes metabolism


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.