STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI ZAT ADITIF  KELAS VIII

ARI PRASETYA ERNANI

Abstract


Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran mind mapping untuk melatihkan keterampilan komunikasi pada materi zat aditif dalam makanan dan minuman. Beberapa hal yang dideskripsikan antara lain keterlaksanaan pembelajaran dengan strategi pembelajaran mind mapping, keterampilan komunikasi lisan dan tertulis setelah diterapkan strategi pembelajaran mind mapping dan respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi mind mapping. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian pra eksperimen dalam bentuk one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di kelas VIII-C SMP Negeri 1 Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran meningkat signifikan, terlihat bahwa keteraksanaan pembelajaran pada pertemuan kedua lebih baik daripada pertemuan pertama. Sebagian besar aspek keterlaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan menjadi lebih baik. Keterampilan komunikasi lisan dan tertulis siswa kelas VIII-C SMP Negeri 1 Madiun menunjukkan peningkatan setelah diterapkan strategi pembelajaran mind mapping. Berdasarkan  uji-t dua pihak  untuk keterampilan komunikasi lisan didapatkan thitung= -11,71 < ttabel = -2,00 dengan taraf nyata α = 0,05 dan nilai gain skor 0,4  termasuk dalam kategori sedang.Uji-t dua pihak untuk keterampilan komunikasi tertulis didapatkan thitung= -12,59 < ttabel = -2,00 dengan taraf nyata α = 0,05 dan nilai gain skor 0,5 termasuk dalam kategori sedang. Respon yang positif terhadap penerapan strategi pembelajaran mind mapping untuk melatihkan keterampilan komunikasi pada materi zat aditif ditunjukkan oleh siswa, dengan skor rata-rata 89,65 % kategori sangat kuat.


Kata Kunci: strategi pembelajaran mind mapping, keterampilan komunikasi, zat aditif.


Abstract


The purpose of this research is describe the application of mapping mind learning strategy for communication skills on additive substances in food and drink  matter. Among other things that describe are the process of learning with mind mapping strategy , describe the communication skills oral and written after implement mind mapping strategy, describe the  student response against learning with mind mapping strategy. This research include descriptive quantitative research with the design is pre research experiment in the form of one group pretest-posttest design.The research was done in class VIII-C junior high school  1 Madiun.  The results of research shows that the process of learning rise significantly from the first meeting  of  the second meeting. Written and  oral communication skills of VIII-C junior high school  1 Madiun show improvement after applied mind mapping learning strategy on additive substances matter. Based on the analysis  of oral communication skill showed that tarithmatic = -11.71 < ttable = -2.00 with a significance level α = 0.05.  The gain score of  oral communication skills is 0.4 in enough category. The analysis of written communication skill showed that that tarithmatic = -12,59 < ttable = -2.00 with a significance level α = 0.05 for and gain score is 0.5 in enough category. Most of students give positive response to learning with mind mapping learning strategy in additive substances matter for increase communication skills, the average score of students response is 89,65 %  in very strong  category .


 Key Word : mind mapping learning strategy , communication skills , additive substances


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.