PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MEMANFAATKAN JEJARING SOSIAL EDMODO PADA SUBMATERI GINJAL UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 3 TAMAN SIDOARJO

ROBIATUL ADAWIYAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan jejaring sosial edmodo secara teoritis berdasarkan validasi perangkat pembelajaran dan layak secara empiris berdasarkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, hasil belajar dan respons siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D yang terdiri atas tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian telaah dan validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respons siswa kemudian data dianalisis. Berdasarkan data analisis, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan jejaring sosial edmodo pada submateri ginjal untuk siswa kelas VIII SMPN 3 Taman Sidoarjo dinyatakan layak secara teoritis dengan persentase kelayakan silabus sebesar 98,33%, RPP dengan persentase kelayakan sebesar 94,05%, LKS 1 dengan persentase kelayakan sebesar 96,43%, LKS 2 dengan persentase kelayakan sebesar 100%, tes evaluasi dengan kelayakan sebesar 98,96%,  handout dengan kelayakan sebesar 96,67% serta dinyatakan layak secara empiris dengan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran menunjukkan rerata 87,06%, seluruh siswa tuntas dalam hasil belajar, dan 98% menunjukkan respons positif siswa terhadap pembelajaran.


Kata Kunci: perangkat pembelajaran, jejaring sosial edmodo, ginjal.


 


Abstract


This research aimed to describe the development of learning device by utilize edmodo social networking theoretically based on review and validation device learning and empirically based teacher ability of learning , learning results and student response.Development of learning device uses 4-D models comprising the steps define, design, develop, and disseminate. But in this research, without disseminate. Data collection instruments used assessment instrument review and validation   learning device, observation feasibility learning sheets, achievement test and students responses of questionnaire and then the data is analyzed. The Result is the learning device by utilizing edmodo social networking  on kidney subtopic to class VIII SMPN 3 Taman Sidoarjo declared eligible theoretically is  98.33% syllabus, 94.05% lesson plan, 96.43% worksheet 1, 100% worksheet 2,  98.96% evaluation test, 96.67% handout, and declared eligible empirically by 87.06% teacher ability of learning showed the average, all students has mastery learning, and 98% showed a positive response to learning.


Keywords: learning devices, edmodo social networking, kidney.  


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.