IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI MANUSIA KELAS VIII SMPN 1 TANJUNGANOM

ARI ATRIYA TANTI

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa (kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap) siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjunganom setelah mengikuti proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas VIII-2 sebanyak 33 siswa. Rancangan penelitian  yang digunakan adalah One Group Pre-test and Post-test design. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan sikap, tes hasil belajar, lembar pengamatan keterampilan menggunakan alat berupa gelas ukur dan automatic blood pressure monitor. Hasil analisis uji n-gain menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Hasil belajar siswa pada kompetensi pengetahuan meningkat dengan rata-rata n-gain sebesar 0,64 (kriteria sedang) dan hasil belajar pada kompetensi keterampilan meningkat dengan rata-rata n-gain sebesar 0,67 (kriteria sedang). Data tersebut sesuai dengan analisisi uji normalitas, bahwa sampel yang digunakan telah berdistribusi normal dengan taraf signifikansi a = 0.05 dan hasil analisis uji-t dengan taraf signifikasi a = 0.05 didapatkan bahwa hasil pre-test dan post-test kompetensi pengetahuan dan keterampilan siswa memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil penilaian keterampilan penggunaan alat siswa kelas VIII-2 dikatakan telah menguasai dengan baik. Nilai rata-rata penggunaan gelas ukur sebesar 3,39 sedangkan pengunaan automatic blood pressure monitor sebesar 3,36 dengan krteria sangat baik. Penilaian sikap dengan teknik observasi dan penilaian diri sendiri memperoleh rata-rata nilai akhir 2,92 dengan predikat baik.  Kata kunci: Implementasi pendekatan saintifik, hasil belajar, sistem transportasi manusia.


Abstract


This research purposes to describe student’s result study (knowledge competence, skill, and attitude) of eight grade student in SMP N 1 Tanjunganom after joining teaching and learning process. Kind of this research is pre-experimental by using one class which is VII-2 class that consists of 33 students. Research arrangement which is used is One Group Pre-test and Post-test design. Research instrument is attitude evaluation sheet, study result test, skill monitoring sheet that use tool which is measuring cup and automatic blood pressure monitor. Result of n-gain analysis shows that learning with scientific approach can increase student study result in knowledge and skill competence. Student’s study result in knowledge competence increases with average n –gain od 0,64 (enough criterion) and study result in skill competence increases with average n-gain of 0,67 (enough criterion). This data is appropriate with normality test analysis, that sample thai is used has been distributed normally with significancy level a = 0.05 and result of t-test test analysis with significancy level  a =0.05, which are gotten that pre-test and post-test result of student’s knowledge and skill competence have differentiation significally. Skill evaluation result of tool’s using by VII-2 students is said that they have been mastered well. The average score of measure cup using is 3,39 but automatic blood pressure monitor using is 3,36 with very good criterion. Attitude evaluation with observation technique and self evaluation get final average score 2,92 with good predicate.


 Keyword : Implementation of scientific approach, study result, human transportation system


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.