PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

AMELIA HASANAH KM

Abstract


Abstrak


 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, kepraktisan dan keefektifan terhadap pengembangan perangkat IPA SMP model discovery learning pada materi suhu dan perubahannya di ujicobakan secara  terbatas pada kelas VII-9 di SMP Negeri 2 Sidoarjo sebanyak 16 siswa. Rancangan penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan  4-D (four-D model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Perangkat pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sampai tahap develop(pengembangan) dan uji coba perangkat pembelajaran menggunakan desain One-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat layak digunakan secara teoritis atau empiris. Rata-rata kelayakan secara keseluruhan untuk validasi perangkat pembelajaran sebesar 85,5% (baik). Keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 85,2% (baik). Aktivitas siswa dalam pembelajaran 93,95% (baik). Hasil belajar ditinjau aspek sikap dengan modus sebesar 3 dengan kategori (baik), aspek pengetahuan 3,31 dengan (B+) dan aspek keterampilan2,95 (B). Respons positif siswa terhadap perangkat pembelajaran model discovery learning 92,14% (sangat kuat).


Kata kunci: Discovery Learning, Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Suhu dan Perubahannya.


 


Abstract


 This research is aimed to describe the learning material validity, practicality and effectivitiy to ward the development of IPA SMP learning materials by using discovery learning on temperature and its changes topic. This research has been put on controlled trial for 16 students from class VII-9 in SMP 2 Sidoarjo. The design of this developmental research was refered to the 4-D developmental models from Thiagarajan, Semmel and Semmel. This research was limited as far as development phase and the learning material was tried by using one-shot case study design. The result of this research shows that the learning materials are eligibility stated to be used in the learning process either empirically or theoretically. The average of eligibility from teaching materials validity is 85.5% (good). The implementation of the study got a percentage of 85.2% (good). Student activities in learning processs hows a percentage of 93.95% (good). The modus learning result reviewed in aspects of behavior is 3. good), cognitive aspect is 3.31 (B+), and skill aspect is 2.95 (B). The total percentage of positive response from students to wards this research is 92.14% and it is categorized as a very strong quality.


Keywords: Discovery Learning, Temperature and Its Change, The development of IPA Teaching Materials


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.