PENGARUH STRATEGI GENIUS LEARNING BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BENJENG, GRESIK PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG

LITA APRI ASMILA

Abstract


Abstrak


Kecerdasan yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda, karena kecerdasan dapat tumbuh dan berkembang berdasarkan pengalaman. Genius learning merupakan strategi yang dapat mengaplikasikan teori multiple intelligences dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, mendeskripsikan pengaruh strategi genius learning berbasis multiple intelligences terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIII- C sebagai kelas eksperimen dan VIII-D sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen sebesar 3,26 dan kelas kontrol sebesar 3,19. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kedua kelas mencapai kategori terlaksana dengan baik. Aktivitas siswa dalam mengikuti strategi genius learning berbasis multiple intelligences selama dua kali pertemuan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,17 dengan kategori baik. Strategi genius learning berbasis multiple intelligences berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya korelasi positif sebesar 0,77 dengan kategori kuat dan diperoleh bahwa rtabel < rhitung serta adanya perbedaan post-angket motivasi belajar antara kedua kelas yaitu kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor sebesar 77,96% dan kelas kontrol sebesar 75,07%. Strategi genius learning berbasis multiple intelligences berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya korelasi positif pada kompetensi sikap sebesar 0,64 (kuat), pengetahuan sebesar 0,82 (sangat kuat) dan keterampilan sebesar 0,77 (kuat). Selain itu, diperoleh bahwa rtabel < rhitung dan adanya perbedaan hasil belajar siswa antara kedua kelas pada aspek pengetahuan dan keterampilan secara berturut-turut  kelas eksperimen memperoleh rata-rata skor sebesar 3,21 dan 3,45, sedangkan kelas kontrol sebesar 2,93 dan 3,30. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi genius learning berbasis multiple intelligences berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.


Kata Kunci: Genius learning, Multiple intelligence, Motivasi belajar, Hasil belajar


Abstract


Intelligence possessed by every student is different, because intelligence can grow and evolve based on experience. Genius learning is a strategy that can apply the theory of multiple intelligences in the learning process. This study aimed to describe the feasibility study, student activities, describe the influence of genius strategy of multiple intelligences learning based on motivation and student learning outcomes. The method used is the type of quasi-experimental research design in the form of nonequivalent control group. The sample used was grade VIII- C as an experimental class and VIII-D as the control class. The results showed that the feasibility study on the experimental class of 3.26 and 3.19 for the control class. On average feasibility study on a second-class achieve better performing categories. Student activity in two meetings to obtain an average score of 3.17 with both categories. Strategy genius multiple intelligences based learning positive and significant impact on student motivation. This is demonstrated by the positive correlation of 0.77 with the strong category and found that rtabel <rhitung and the difference post-motivation questionnaire between the two classes of experimental class gained an average score of 77.96% and the control class is 75, 07%. Strategy genius multiple intelligences based learning positive and significant impact on student learning outcomes. This is indicated by a positive correlation to the competence of the attitude of 0.64 (strong), knowledge of 0.82 (very strong) and the skills of 0.77 (strong). In addition, it was found that rtabel <rhitung and student learning outcomes differences between the two classes on aspects of knowledge and skills respectively experimental class gained an average score of 3.21 and 3.45, while the control group was 2.93 and 3.30. Thus, it can be concluded that the application of the genius strategy based on multiple intelligences learning positive and significant impact on student motivation and learning outcomes.                    Keywords: Genius learning, multiple intelligences, motivation, learning outcomes


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.