PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

RITMA AYU ANDARI

Abstract


Abstrak


Keterampilan proses sains diperlukan siswa agar mampu menemukan dan mengembangkan sendiri fakta, konsep dan sikap ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, dan (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one group pre-test-post-test design yang menggunakan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol, metode yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 36 siswa di SMP Negeri 2 Taman. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil keterlaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, dan hasil pre-test dan post-test keterampilan proses sains.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik pada materi kalor dan perpindahannya terlaksana dengan kategori “baik”. Rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga adalah 3,43, 3,46, dan 3,52. Dari hasil uji n-gain, keterampilan proses sains siswa meningkat secara signifikan sebesar 0,5 dengan kategori “sedang” dan hasil uji-t thitung (9,347) > ttabel (2,042) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan saintifik dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Kata Kunci: pendekatan saintifik, keterampilan proses sains, kalor dan perpindahannya.


 


Abstract


Science process skills necessary for a student to be able to discover and develop its own facts, concepts and scientific attitude. The purpose of this study were (1) to describe the feasibility study based on scientific approach, and (2) to describe an increase in students' science process skills through the learning based on scientific approach. This research is a kind of pre-experimental research with the study design one group pre-test-post-test design using the experimental class without a control class, the method used is purposive sampling. The subjects used in this study were students of class VII-B, amounting to 36 students in Junior High School 2 Taman. The data obtained in this study is the result of feasibility learning based on scientific approach, and the results of pre-test and post-test science process skills. The results showed that the application of learning based on a scientific approach in the material heat and the displacement accomplished with “good” category. The average of feasibility study in the first meeting, the second meeting and the third meeting are 3.43, 3.46 , and 3.52. From the test results n-gain , science process skills of students increased significantly by 0.5 to category " medium " and the results of t-test t count ( 9.347 ) > t table ( 2.042 ) showed a significant difference between pre-test and post-test. Based on these results it can be concluded that the learning based on scientific approach can enhance students' science process skills.


Keywords: scientific approach, science process skills, heat and displacement.  


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.