PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF REGULATION SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 21 SURABAYA PADA MATERI INDERA PENDENGARAN

IKA WAHYU NUR AENI

Abstract


Abstrak


Self regulation merupakan kemampuan pengaturan diri dalam belajar secara konstruktif dan aktif dengan cara siswa merancang sendiri strategi belajarnya, mengaktifkan aspek metakognisi, motivasi dan perilakunya dalam rangka mencapai prestasi belajar yang memuaskan. Model pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan self regulation ini adalah problem based instruction (PBI). PBI merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai titik awal untuk mengakuisisi pengetahuan baru. Dalam PBI, terdapat kegiatan menganalisis, mendefinisikan masalah, menyusun hipotesis, mengumpulkan dan menganalisis informasi/data, melakukan percobaan dan merumuskan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) keterlaksanaan model PBI, (2) kemampuan Self Regulation, dan (3) hasil belajar ranah pengetahuan siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya setelah diterapkan model PBI pada materi pokok Indera Pendengaran. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, metode angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan RPP pada pertemuan pertama, pertemuan kedua, dan pertemuan ketiga terlaksana dengan hasil keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 3,57. Aktivitas siswa termasuk kategori baik dengan rata-rata skor 3,24. Kemampuan self regulation siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata skor 77,97 namun mengalami sedikit peningkatan antara kemampuan self regulation sebelum dan sesudah penerapan PBI pada materi Indera Pendengaran dengan perolehan indeks gain skor sebesar 0,15 yang termasuk kategori rendah. Hasil belajar ranah pengetahuan siswa menunjukkan bahwa sebesar 94,59% siswa tuntas dan sebanyak 5,41% siswa tidak tuntas dalam hasil belajarnya.


Kata kunci : problem based instruction, self regulation, keterlaksanaan pembelajaran, dan hasil belajar.


Abstract


Self regulation is an ability to control themselves in learning constructively and actively by designing their own learning strategies, to activate metacognition aspects, motivations, and their behaviour in undertaking the satiesfied study achievement. The learning model that is applied to improve the ability of self regulation is problem based instruction (PBI). PBI is a learning model that employ problems as an initial point to acquisite a new knowledge. In PBI, there are sactivities such as analyze, define the problems, construct hypotheses, collect and analyze the information or data, try out, and make a conclusion. The purpose of the study was to description about (1) the application of PBI, (2) the students’ Self Regulation ability, and (3) learning outcomes of the students’ domain of the eighth graders SMP Negeri 21 Surabaya after PBI is applied in an auditory nerve system material. A kind of this research is pre-eksperimental design to a draft research one group pretest-posttest. The data were collected using observation technique, questionnaire method, and test. The result of the study shows that the lesson plan in the first meeting until the third meeting is applied with result the teaching learning that was done by the teacher was in very good category with the score mean 3,57. The students’ activities were in good category with the score mean 3,24. The ability of the students’ self regulation was in high category with score mean 77,97 however there was a bit improvement between the ability of self regulation before and after PBI was applied in a auditory nerve system  material, which gained indexe score 0,15 which was included in low category. The students’ learning outcomes of knowledge domain shows that 94,59% of the students were passed and 5,41% are not passed.


Key words : problem based instruction, self regulation, teaching application, learning outcomes.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.