PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN STRATEGI GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII  DI SMP NEGERI 2 WONOAYU PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

FARICHATUL FITRIA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respon siswa terhadap pendekatan saintifik dengan strategi group exchange. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test One Group Design dengan rancangan penelitian (pra ekperimental design). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMP Negeri 2 Wonoayu. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar, dan lembar respon siswa. Metode yang digunakan dalam menganalisis data keterlaksanaan pembelajaran dengan rerata skor setiap aspek pembelajaran berdasarkan kriteria keterlaksanaan pembelajaran, metode analisis data peningkatan hasil belajar siswa menggunakan uji N-Gain, sedangkan metode yang digunakan dalam menganalisis data respon siswa adalah dengan menghitung rerata respon postif dan negatif siswa.


Hasil penelitian menunjukkan, keterlaksanaan pendekatan saintifik dengan strategi group exchange berlangsung efektif, dengan peningkatan skor rerata 3,56 dengan kategori sangat baik. Dari analisis uji N-Gain hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 0,8 termasuk dalam kategori tinggi. Siswa memberikan respon postif yang sangat kuat terhadap proses pembelajaran pendekatan saintifik dengan strategi group exchange, dengan persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 91,67%.


Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Strategi Group Exchange, Hasil Belajar Siswa


Abstract


This study aims to describe the feasibility study, the results of student learning, and students' response to the scientific approach to the exchange group strategy. This type of research used in this research is experimental. The study design used is a pre-test and post-test One Group Design with the study design (pre-experimental design). The targets of this research were students of class VII-D SMP Negeri 2 Wonoayu. The research instruments used were: observation sheets feasibility learning, achievement test, and student response sheet. The method used in analyzing the data feasibility study with a mean score of every aspect of learning is based on the criteria of feasibility study, data analysis methods improving student learning outcomes using the test N-Gain, while the methods used in analyzing student response data is to calculate the average of positive and negative responses students ,


The results showed, feasibility scientific approach to be effective exchange group strategy, with an increase in mean score of 3.56 with a very good category. From the analysis of N-Gain test student learning outcomes has increased by an average of 0.8 in the high category. Students give a very strong positive response to the learning process of scientific approach to the exchange group strategy, with the percentage of students who give a positive response by 91.67%.


Keywords : Scientific Approach,Exchange Strategy Group, The Results Of Student Learning.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.