PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

NURUL ANIS SAFITRI

Abstract


Abstrak 


                Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kelayakan teoritis dan empiris perangkat pembelajaran yang meliputi validitas, keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan respons siswa di SMP Al Falah Deltasari Waru Sidoarjo kelas VII-4 sebanyak 16 siswa terhadap perangkat pembelajaran berbasis scientific approach pada materi energi dalam sistem kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan perangkat yang disarankan oleh (Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974) dalam Ibrahim 2002: 6) yakni model 4-D. Namun penelitian ini hanya mencakup tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini meliputi perangkat pembelajaran yang terdiri dari: silabus, RPP, bahan ajar siswa, LKS, dan tes hasil belajar pada materi energi dalam sistem kehidupan. Metode pengumpulan data menggunakan angket validasi, pengamatan, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan validasi perangkat yang dikembangkan berkategori valid, keterlaksanaan RPP pada pertemuan pertama dan kedua mendapatkan kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 3,87 dan 3,92, aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran yang paling dominan adalah berdiskusi dengan teman sekelompok, hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran secara berlangsung yaitu penilaian sikap diperoleh presentase 93,75% Sangat Baik (SB), dan 6,25% Baik (B), penilaian pengetahuan sebanyak 15 siswa tuntas dan 1 siswa tidak tuntas, penilaian keterampilan diperoleh presentase 81,25% Sangat Baik (SB), dan 18,75% Baik (B), dan respons siswa terhadap pembelajaran mendapatkan hasil rata-rata presentase 87,98% dengan kriteria sangat merespons.


 


Kata kunci : Energi dalam sistem kehidupan, Model pengembangan perangkat 4-D, Perangkat pembelajaran.


 


Abstract


This research aims to describe the feasibility theoretical and empirical teaching materials that include validation, carrying out learning activities, student’s activities, student’s learning outcomes, and student’s responses  at the SMP Al Falah Deltasari Waru Sidoarjo by using a class that is grade VII-4 contains of 16 students was done to determine. The research design used was development models suggested by (Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974) at Ibrahim 2002: 6) model of the 4-D. However, in this study was limited until to the define, design, and develop stage. Objectives of this research include of syllabus, lesson plans, student’s book, student’s worksheets, and learning outcomes test on energy in a system life. Data collection methods used were questionnaire with the model validation, observation, tests and student questionnaire responses. The data of research showed that the teaching materials developed was valid, the implementation of this lesson plans at the first and second meeting was categorized as good with average scores 3.87 and 3.92, The most dominant student activity in learning process was discussion, student learning outcomes, the assessment based on a percentage of  93.75% was obtained predicated very good and 6.25% good, assessment of knowledge was obtained as many as 15 student’s complete to be mastery and 1 student does not, and social judgment obtained average the average percentage of 81.25% with a predicate very good and 18.75% good, and student’s response to the feasibility of the instruments gets an average percentage of 87.89% with very responses criteria.


Keywords: Learning Instrument, Instrument 4-D, energy in a system life.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.