PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA TEMA PENCERNAAN DAN KESEHATAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS VIIIDI MTS NURUL KHOIR SURABAYA

RIZKY PRASETYA PUTRA

Abstract


Abstrak


Pembelajaran IPA di SMP/Mts sampai saat ini kurang memperhatikan aspek pengetahuan, aspek keterampilan dan aspek sikap. Hal ini menyebabkan kesempatan siswa terlibat dalam proses belajar, dan kesempatan mengembangkan diri terhadap hasil belajar kurang.. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Keterlaksanaan pembelajaran IPA materi pencernaan dan kesehatan pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Khoir, 2) Hasil belajar IPA materi pencernaan dan kesehatan pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Khoir, 3) Respon siswa IPA materi pencernaan dan kesehatan pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Khoir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterlaksanaan pembelajaran IPA materi pencernaan dan kesehatan pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Khoir telah terlaksana secara efektif dengan rincian persentase pertemuan 1 adalah 3,37 (baik) serta pertemuan 2 adalah 3,87 (sangat baik), 2) Hasil belajar pembelajaran IPA materi pencernaan dan kesehatan pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Khoir dari aspek pengetahuan dengan menggunakan evaluasi dengan persentase 67% belum mencapai ketuntasan secara klasikal, dari aspek keterampilan siswa dengan persentase 3,46 (sangat baik) dan dari aspek sikap siswa diatas 3 (sangat baik), 3)





 



Angket respon menunjukkan bahwa siswa mempunyai respon yang positif terhadap penerapan model pembelajaran IPA materi pencernaan dan kesehatan pada siswa kelas VIII di MTs Nurul Khoir


Kata Kunci: model kooperatif tipe STAD, Pembelajaran IPA, Kurikulum 2013.


Abstract


Science teaching in junior high school / MTs until now less attention to aspects of knowledge, skills and attitude aspect aspect. This causes the student opportunities involved in the learning process, and the opportunity to develop themselves to the learning outcomes less .. This study aims to 1) Keterlaksanaan science learning material digestion and health in Class VIII at MTs Nurul Khoir, 2) learning outcomes digestion and material science health in Class VIII at MTs Nurul Khoir, 3) student response IPA digestion and health materials in Class VIII at MTs Nurul Khoir. The results showed that 1) Keterlaksanaan science learning material on the health of the digestive and eighth grade students at MTs Nurul Khoir has been done effectively with a percentage breakdown of meeting 1 is 3.37 (good) and the second meeting was 3.87 (very good), 2 ) The results of material science and learning digestion and health in Class VIII at MTs Nurul Khoir of aspects of knowledge by using the evaluation with the percentage of 67% has not been reached in the classical completeness, from the aspect of the student's skills with a percentage of 3.46 (very good) and from the aspect of attitude students above 3 (very good), 3) Questionnaire responses showed that the students had a positive response to the application of material science learning models digestion and health in Class VIII at MTs Nurul Khoir


 Keywords: STAD cooperative models, Science Learning , Curriculum 2013.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.