IMPLEMENTASI  PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL SISWA KELAS VIII

HESTI SETIAWATI

Abstract


Abstrak


Pembelajaran IPA bertujuan untuk dapat menumbuhkan kemampuan berpikir, bekerjasama, bersikap ilmiah serta mengomunikasikannya sebagai aspek penting kecakapan hidup (life skill). Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan life skill, , kecakapan hidup (life skill) siswa, peningkatan  life skill siswa dan  siswa setelah mengikuti pembelajaran berdasarkan masalah pada materi bioteknologi untuk meningkatkan life skill siswa kelas VIII. Jenis penelitian yaitu pre-eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah “pre-test dan post-test Group”. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-C SMP Alam Insan Mulia Surabaya tahun ajaran 2014-2015. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa  keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan masalah pada materi bioteknologi untuk meningkatkan life skill  terlaksana dengan skor rata-rata 3,8. Hasil pengamatan kecakapan hidup (life skill) siswa diperoleh kecakapan berpikir rasional diperoleh nilai 78,13 % dengan predikat baik, kemampuan bekerjasama sebesar 70,31 % dengan predikat baik, kemampuan bersikap ilmiah sebesar 92,97 % dengan predikat sangat baik, dan kemampuan mengomunikasikan sebesar 96,88 % dengan predikat sangat baik. Dari hasil pre-test dan post-test menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 93,75 % dan peningkatan hasil belajar life skill sebesar 0,58 dengan kriteria sedang. Respon siswa setelah pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 66,89 % dengan kriteria baik.


 Kata kunci : Bioteknologi, Kecakapan Hidup (Life Skill), Pembelajaran Berdasarkan Masalah.


 


Abstract


Teaching and learning Science has aimed to extend students’ critical thinking, work, and scientific attitude as well as to communicate it with all important aspects of life skill. This study purposes to see the application of life skill based problem teaching, students’ learning outcomes improvement, students’ life skills, and students’ es after following life skill based problem teaching biotechnology in Biology. This study was pre-eksperimen research which the instruments were “pre-test and post-test Group”. The subject of the study was the VIII C students of   SMP Alam Insan Mulia Surabaya, academic year 2014-2015. The result showed that life skill based problem teaching model was applied by mean score was 3,8 %. The observation result of the students’ life skill achieved through a rational thinking skill by 78,13 % with a good level, cooperation skill by 70,31 % with  a good level, scientific thinking skill by 92,97 % with a very good level, and the communication skill by 96,88 % with a very good level. The result of pre-test and post-test showed the students’ cognitive learning outcomes by 0,58 with an adequate criteria. The students’ es after the teaching learning were gained adequately as 66,89 percent with a good criteria.


Key words: Biotechnology, Life Skill, Problem Based Learning.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.