PENGEMBANGAN PERMAINAN GAPREK KEMPUNG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI PEMANASAN GLOBAL SISWA SMP KELAS VII

EKA ADI RUSTIA

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini  untuk memperoleh kelayakan sebagai media pembelajaran materi pemanasan global. Kelayakan ditinjau dari kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan. Kriteria validitas meliputi kriteria isi, kebahasaan, penyajian dan persyaratan pemainan pendidikan, kepraktisan media berdasarkan kriteria respon siswa, sedangkan keefektifan media berdasarkan aspek hasil belajar materi pemanasan global dan hasil belajar aspek keterampilan memecahkan masalah. Langkah  yang digunakan adalah model R & D. Tahapan pada  model R & D meliputi  validasi, revisi dan uji coba terbatas permainan sebagai media pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari validasi meliputi aspek kriteria isi 89,09 %, kebahasaan 85,71 %, penyajian 87,78  % dan persyaratan permainan pendidikan sebesar 96,00 %. Berdasarkan kriteria kepraktisan permainan sebagai media pembelajaran pada materi Pemanasan Global diperoleh respon siswa 95,91 %. Sedangkan kriteria keefektifan berdasarkan ketuntasan aspek hasil belajar materi pemanasan global 92,85 % dan ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan memecahkan masalah diperoleh sebesar 85.71%. Jadi pengembangan permainan Gaprek Kempung berdasarkan kriteria validitas, kepraktisan dan keefektifan   dinyatakan layak sebagai media pembelajaran materi Pemanasan Global.


 Kata kunci :                Media Permainan Tradisional Gaprek Kempung, Pemanasan Global, Keterampilan Memecahkan Masalah


Abstract


Research development Gaprek Kempung game aims to gain eligibility as a medium of learning materials to global warming. The eligibility criteria in terms of validity, practicability
 and effectiveness of the media. Criterion validity criteria include content, language, presentation and education ploy requirements, practicality media based student responses,
while the effectiveness of media based on the material aspects of the learning outcomes of global warming and the learning outcomes aspects of problem-solving skills.
Measures used are R&D model.  Stages of development of media covering the study, validation and limited testing the game of learning materials. The results obtained from
the validation criteria that include aspects of the content of 89,09%,  85,71 % linguistic, presenting 87,78% and the requirements of educational games is 96,00%.  
Based on the criteria of practicality game as a learning medium on Global Warming material obtained results 95.91% student response. While the effectiveness criteria based mastery
 learning outcomes material aspects of global warming 92.85% and mastery learning outcomes aspects of problem-solving skills acquired by 85.71%.
So development Gaprek Kempung game as a medium of learning materials to global warming criteria in terms of validity, practicability and effectiveness of the media is reasonable. Keywords: Media of Game of Traditional Gaprek Kempung, Global Warming, Problem Solving


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.