PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA SMP MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

WATIE ROIHANA

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA SMP menggunakan model discovery learning pada materi pemanasan global untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pengembangan perangkat menggunakan metode R&D (Research and Development).  Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, bahan ajar, lembar kegiatan siswa, dan lembar penilaian pengetahuan siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Kebomas, Gresik dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dari aspek validitas ditinjau dari hasil validasi oleh pakar dan praktisi diperoleh rata-rata 89,06% dengan kategori sangat baik dan 96,87% memiliki keterbacaan yang baik. Kelayakan perangkat pembelajaran dari aspek kepraktisan menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 86,3% dengan kategori sangat baik dan didukung oleh aktivitas discovery siswa telah ditunjukkan dalam pembelajaran. Kelayakan perangkat dari aspek keefektifan diperoleh hasil belajar siswa ranah sikap dan keterampilan 100% tuntas dan nilai rata-rata ranah pengetahuan 3,2 dengan 100% siswa mengalami peningkatan hasil belajar serta sebanyak 93% siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran discovery. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA SMP model discovery learning adalah layak dari aspek validitas, kepraktisan dan keefektifan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


 


Kata kunci: Hasil Belajar, Keefektifan, Kepraktisan,Perangkat Pembelajaran, Validitas.


 


Abstract


The aims of this study was to develop of teaching materials IPA SMP using discovery learning models on global warming to improve student learning outcomes. Research method used in this experiment was R&D (Research and Development). Teaching materials developed included syllabi, lesson plans, student’s book, student’s worksheets, and student assessment (knowledge). The study was conducted a limited trial in SMP Negeri 2 Kebomas, Gresik using one group pre-test and post-test design. feasibility of teaching materials was studied from the aspect of validity,  practicality and effectiveness. The results of reaserch showed feasibility study of the aspect of validity in terms of the results of the validation by experts and practitioners obtained average 89.06% with very good category and 96.87% have good readability. The feasibility study on the practicality aspect implementation showed that an average of 86.3% with very good category and is supported by the discovery activities of the students raised in learning. The feasibility of the effectiveness aspect of student learning results obtained realm attitudes and skills 100% complete and average domain knowledge is 3,2 to 100% of students increased learning outcomes as well as 93% of students give positive response to the discovery learning. It can be concluded that the discovery learning model learning device worthy of the aspect of validity, practicability and effectiveness and can improve student learning outcomes.


 


Keywords: Effectiveness, Learning Materials, Learning Outcomes,Ppracticability, Validity.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.