PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI HUJAN ASAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

M. LUTFI SYAIFUDDIN UMAR

Abstract


Abstrak


Penelitian yang telah dilaksanakan di SMPN 2 Purwoasri dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi hujan asam terhadap keterampilan berpikir krtis siswa SMP bertujuan untuk mendeskripsikan, keterlaksanaan penerapan pembelajaran, hasil belajar siswa, kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi hujan asam terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain one group pre-test post-test design. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 34 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dapat terlaksana secara keseluruhan dengan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 3,73%. Data kognitif dikumpulkan melalui tes dengan menggunakan soal pre-test dan  post-test yang berorientasi pada keterampilan berpikir kritis diperoleh hasil ketuntasan pre-test 0% dan ketuntasan post-test sebesar 89%. Data pre-test dan post-test dianalisis dengan n-gain score (gain yang dinormalisasi) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketuntasan klasikal meningkat sebesar 89%. (2) Hasil N-gain yang diperoleh siswa termasuk dalam kategori sedang dengan pemerolehan rata-rata 0,7. Pada aspek psikomotor menunjukkan bahwa keterampilan psikomotor siswa termasuk dalam kategori baik sekali sebesar 3,28, sedangkan pada aspek afektif termasuk pada kategori baik sebesar 3,30. Pada rata-rata kelas aspek berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari 39 % menjadi 80 %.


 


Kata Kunci : Model pembelajaran berdasarkan masalah, keterampilan berpikir kritis.


Abstract


Research that has been conducted in SMPN 2 Purwoasri learning model based on material problems of acid rain on thinking skills Krtis junior high school students aims to describe, keterlaksanaan application of learning, student learning outcomes, critical thinking skills of students with learning model based on material problems of acid rain on skills junior high school students' critical thinking. This type of research is the study pre-experimental design with the design of one group pre-test post-test design. Subjects were students of class VIII-A as many as 34 students. The experiment was conducted during 2 meetings. The results showed that the feasibility study using the learning model based on the whole problem can be accomplished with very good category with an average score of 3.73%. Cognitive data collected through tests by using about pre-test and post-test oriented critical thinking skills obtained results completeness 0% pre-test and post-test completeness by 89%. Data pre-test and post-test were analyzed with n-gain score (gain normalized) to determine the increase in critical thinking skills. The results showed that: (1) classical completeness increased by 89%. (2) The results obtained N-gain students included in the medium category with an average acquisition 0.7. On psychomotor aspects indicate that students psychomotor skills included in both categories once of 3.28, while the affective aspects included in both categories amounting to 3.30. On an average grade aspect of critical thinking of students has increased from 39% to 80% .


 


Keywords: problem-based learning model, critical thinking skills.           


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.