IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERORIENTASI SAINTIFIK UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA TOPIK PERUBAHAN MATERI

NOVA PUSVITASARI NURLAELI

Abstract


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, 2) keterampilan berpikir kritis siswa, 3) respons siswa terhadap model pembelajaran discovery learning berorientasi saintifik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMPN 1 Turi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil keterlaksanaan pembelajaran implementasi model pembelajaran discovery learning berorientasi saintifik, hasil pretest dan posttest, serta hasil respons siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data meliputi uji normalitas dan uji gain score. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan model pembelajaran discovery learning berorientasi saintifik pada topik perubahan materi dari rata-rata pertemuan pertama dan pertemuan kedua sebesar 3,72 dengan kategori sangat baik. Keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 70,00%, 10,00% siswa memiliki keterampilan berpikir cukup kritis, dan 20,00% siswa memiliki keterampilan berpikir kurang kritis. Kesimpulannya bahwa implementasi model pembelajaran discovery learning berorientasi saintifik mampu melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa pada topik perubahan materi dengan respons siswa sangat baik tentang pembelajaran tersebut sebesar 82,78%.


Kata Kunci: Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Perubahan Materi.


 


Abstract


This research purpose is to 1) describe the feasibility study, 2) critical thinking skills of students, 3) the response of students to the learning model of scientific discovery-oriented learning. This type of research used in this study is pre-experimental research design with one group pre-test post-test design. The subjects used in this study were students of class VII D SMPN 1 Turi. The data obtained in this study is the result of learning feasibility study model implementation of scientific discovery-oriented learning, the results of pretest and posttest, and the results of student responses. This study uses data analysis techniques including normality test and test score gains. The results showed feasibility study model of scientific discovery-oriented learning on the topic of material changes from an average of the first meeting and the second meeting of 3.72 with the very good category. Critical thinking skills of students by 70.00%, 10.00% students have sufficient critical thinking skills, and 20.00% of students have a less critical thinking skills. The conclusion that the implementation of learning-oriented learning model of scientific discovery capable for trying critical thinking skills of students on the topic of material changes to the students’  response is very good about the learning of 82.78%.


Keywords: Discovery learning, Critical thinking skills, Material Change.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.