PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII

TRI LAILATUL MAGHFIROH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah secara teoritis dan empiris pada materi Sistem Gerak Manusia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (define, design, develop, dan desseminate), tetapi penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap develop. Sasaran penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, buku ajar, dan soal evaluasi pada materi Sistem Gerak Manusia. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Taman. Penelitian ini diujicobakan secara terbatas pada bulan Agustus 2015. Metode pengumpulan data menggunakan metode validasi,  observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah ini layak secara teoritis dan empiris. Kelayakan teoritis diperoleh berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran yang terdiri atas hasil validasi silabus sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi RPP sebesar 96,25 dengan kriteria sangat layak, hasil validasi buku ajar sebesar 96% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi soal pilihan ganda sebesar 98,25% dengan kriteria sangat layak, dan hasil validasi soal uraian sebesar 98,61% dengan kriteria sangat layak. Kelayakan empiris diperoleh berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah pada pertemuan pertama sebesar 80,75% dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua sebesar 75,69% dengan kriteria baik. Nilai rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa yang terdiri atas kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan mendapatkan kriteria kelayakan baik. Respons positif siswa terhadap pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah mendapatkan persentase sebesar 96,19% dengan kriteria sangat kuat.


Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, pendekatan ilmiah, sistem gerak manusia


 


Abstract


This study aims to describe the feasibility of learning tools based scientific approach theoretically and empirically in Human Movement Systems material. This study is the developmental research of the 4-D model (define, design, develop, and desseminate), but this study is limited in develop step. The target of this study is a learning tools which included syllabus, lesson plans, handout, and the evaluation of Human Movement Systems material. The subjects of this study are 34 students of eighth-graded SMP Negeri 2 Taman. This study has been limited trial on August 2015. The data collection method used a validation method, observation, tests and questionnaires. The result shows learning tools based scientific approach is feasible theoretically and empirically. The theoretical feasibility obtained based on the validation of the learning tools which consist of the result of the syllabus validation is 96% rated as very decent criteria, the result validation of RPP is 96.25% rated as very decent criteria, the results of the handout validation is 96% rated as very decent criteria, the result of multiple-choice tests validation is 98.25% rated as very decent criteria, and the results of essay tests validation is 98.61% rated as very decent criteria. The empirical feasibility has been obtained by implemented of learning based on scientific approach in the first learning acquired 80.75% rated as a good criteria and in the second learning acquired 75.69% rated as a good criteria. The credit report average scores of students which consists of competence of attitudes, knowledge, and skills rated as a good criteria. Students positive responses of learning based on the scientific approach reached 96.19% rated as very strong criteria.


Keywords: learning tools development, scientific approach, human movement systems


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.