PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI GEMPA BUMI DAN GUNUNG API BERORIENTASI CAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP

RIZKY WIJAYANTI MASHITOH

Abstract


Abstrak


CAM (Concept Attainment Model) merupakan proses mengidentifikasi dan mendefinisikan konsep dengan jalan menemukan atributnya yang paling esensial sesuai dengan pengertian konsep yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari aspek (1)validitas, (2)peningkatan hasil belajar, (3)keterlaksanaan pembelajaran, dan (4) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model yang disarankan oleh Thiagarajan, et al. yakni model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dengan perolehan hasil validasi sebesar 3,5 dengan kriteria baik. Peningkatan hasil belajar secara kelas sebesar 88,2% dengan nilai gain score 0,68 kriteria sedang. Keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama sebesar 77,2% dengan kriteria baik dan pada pertemuan kedua sebesar 78,5% dengan kriteria baik. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan perangkat berorientasi CAM diperoleh sebesar 96,4% dengan kriteria sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.


 


Kata kunci: CAM (Concept Attainment Model), hasil belajar, respon siswa, gempa bumi dan gunung api.


Abtract


CAM (Concept Attainment Model) is identifiying and defining concept with finding the attribute which the most essential with the learned by the defining concept. The aims of  this research is to describe the fairness of learning instrument including (1)validity, (2)student study result, (3)materialized learning, and (4)students responses. Type of this research is develop with used the development instrument who suggested by Thiagarajan et al. 4D model (define, design, develop, dessiminate). The result of research study shows that instrument is proper to used with the validity point is 3,5 which means good criteria. Raise the classical learning output is 88,2% with gain score 0,68 which means medium criteria. The learning enforceability for the first meeting 77,2% and for second meeting 78,5% which means good criteria. The result of questionnaire of student’s responses with total percentage average 96,4% which means very good category, it’s shows if students give positive responses to the learning tools.


 


Keywords : CAM (Concept Attainment Model), study result, students responses, earthquake and volcanoes.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.