IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENGUKURAN KELAS VII DI SMPN 5 SIDOARJO

RIO BASKARA NUGRAHA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery, peningkatan hasil belajar, dan respon siswa pada materi pokok pengukuran siswa kelas VII SMPN 5 Sidoarjo. Penelitian yang akan dilakukan didasarkan oleh adanya tuntutan pembelajaran saintifik dan empat kompetensi penilaian sehingga membutuhkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Pemilihan materi pengukuran didasarkan pada dokumen hasil belajar siswa sebelumnya dengan rata-rata hasil belajar sebesar 68,20%. Penelitian yang dilakukan adalah pre-experimental dengan menggunakan satu kelas perlakuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMPN 5 Sidoarjo tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan yang dibuktikan dengan perhitungan uji-t yaitu thitung = 12,174 > ttabel = 1,697 taraf signifikasi 0,05. Signifikasi peningkatan hasil belajar menggunakan uji n-gain diperoleh perhitungan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 0,5934 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery sebesar 96,55% dengan kriteria sangat baik. Siswa memberikan respon sangat baik terhadap implementasi model pembelajaran guided discovery dengan persentase sebesar 92,20%.


Kata Kunci: guided discovery, hasil belajar.


 


Abstract


This study aimed to describe the implementation of  guided discovery learning model, improved learning outcomes, and student responses in the subject matter measurement seventh grade students of SMPN 5 Sidoarjo. Research to be conducted based on the demands of scientific study and four aspects of assessment to require the involvement of students in learning. Selection of materials based on the measurement of student learning outcomes document previously with an average of 68.20% of learning outcomes. Research to be carried out are pre-experimental study using a single-class treatment. The subjects were students of class VII-1 SMPN 5 Sidoarjo 2015/2016 school year totaling 32 students. Data collection techniques using the method of observation, tests and questionnaires. Results of research have shown that there is an increase in student learning outcomes significantly as evidenced by the t-test calculation is t = 12.174> t table = 1.697 significance level of 0.05. Significance of learning outcome using n-gain test obtained by calculation that it is raising learning outcomes of 0.5934 with medium category. The implementation of guided discovery learning model of 96.55% with criteria very well. Students responded positively to the implementation guided discovery learning model obtained a percentage of 92.20%.


Keywords: guided discovery, learning outcomes


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.