PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TEKANAN DARAH MANUSIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BABAT KABUPATEN LAMONGAN

RIKA NUR NUR FADHILAH

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan motivasi siswa setelah diterapkan metode pembelajaran bermain peran pada pokok bahasan tekanan darah manusia dalam pembelajaran IPA Terpadu kelas VIII SMP Negeri 1 Babat. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental yang hanya menggunakan satu kelas perlakuan yaitu kelas VIII B. Pada pengujian kenormalan sampel diperoleh Lo = 0,1583 dan L tabel = 0,1591., maka sampel dikatakan telah berasal dari siswa yang berdistribusi normal. Setelah dilakukan penerapan metode pembelajaran bermain peran, dilakukan posttest baik pada motivasi dan hasil belajar siswa. Pengujian signifikansi mean dari perbedaan pretest dan posttest hasil belajar siswa diperoleh t hitung sebesar 20,40 dan t tabel adalah 1,70, hasil ini menyatakan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara signifikan. Sedangkan pada pengujian signifikansi mean dari perbedaan pretest dan posttest motivasi belajar siswa diperoleh (t hitung = 9,48) > (t tabel = 1,70) dengan taraf signifikansi α = 0,05 maka dikatakan motivasi belajar siswa meningkat secara signifikan pula. Hal ini menyatakan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran IPA terpadu secara signifikan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

Kata Kunci: Metode bermain peran, Pembelajaran IPA Terpadu.

Abstract

The aims of this research are to describe the students’ learning achievement and motivation after the role-playing method to the integrated science learning chapter human blood pressure in the eight grade class of 1st Junior High School State of Babat is applied. This research used pre-experimental research design and was applied to one treatment class, that is VIII B. From the normality test, this result optained was Lo=0,1583 with the value from L-table = 0,1591. Thus, the sample was normally distributed. After the role-playing method was applied in the lesson, both of learning motivation and achievement posttest were given to the student. The mean significance test from the difference of learning achievement’s pretest and posttest resulted the computed-t = 20,40 and the t-table = 1,70. This result states that the learning achievement result was significantly increased. The significance test from the difference of learning motivation pretest and posttest resulted (computed-t = 9,48) > (t-table=1,70) with significance level α = 0,05. Thus, the student learning motivation was also significantly increased. From these result it can be concluded that the application of role-playing method in the integrated science learning could significanly increase the student’s learning achievement and motivation.

Keywords : Role-playing method, The integrated science learning.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.