PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE WEBBED DENGAN TEMA TEKANAN DARAH UNTUK SMP KELAS VIII

DEVI RACHMADANI

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed dengan tema tekanan darah yang layak ditinjau dari tingkat validitas, keterlaksanaan RPP, hasil belajar, dan respon siswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan lembar penilaian. Proses pengembangan ini mengacu pada model 4D (define, design, develop, disseminate). Perangkat pembelajaran diujicobakan pada 39 siswa kelas VIII-D SMP Negeri 19 Surabaya. Hasil validasi dosen serta guru IPA pada perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKS, dan lembar penilaian berturut-turut diperoleh skor 3,33; 3,33; 3,16; 3,20, dan 3,35 dengan nilai maksimal 4. Keterlaksanaan RPP pada pertemuan I: 85,7%, pertemuan II: 92,9% dan pertemuan III: 92,9%. Hasil belajar siswa yang dilihat dari kriteria ketuntasan klasikal siswa pada aspek kognitif produk, proses, afektif, dan psikomotor berturut-turut mendapatkan persentase sebesar 87,2%, 97,4%, 97,4%, dan 97,4% tuntas. Respon siswa positif yakni sebesar 88,41%. Dari hasil validasi, tingkat keterlaksanaan, hasil belajar siswa dari ketuntasan klasikal siswa dan respon siswa dapat diinterpretasikan perangkat pembelajaran IPA terpadu ini sangat layak.

Kata kunci: Pengembangan, kelayakan, IPA Terpadu, webbed, tekanan darah

Abstract

This research aims to develop the type of webbed Integrated learning science device with a theme worthy blood pressure in terms of the level of validity, implementation of lesson plans, learning outcomes, and student responses. Learning devices that developed such as syllabi, lesson plans, teaching materials, worksheets, and assessment sheets. This process of research use developing 4D models (define, design, develop, disseminate). This device tested the 39 eighth grade students of SMP Negeri 19 Surabaya. The results validate the lecturer and Science teacher learning device consisting of a syllabus, lesson plans, teaching materials, worksheets and assessment sheets successively obtained a score of 3.33; 3.33; 3.16; 3.20, and 3.35 with maximum value of 4. Implementation of RPP at the meeting I: 85.7%, meeting II: 92.9% and meeting III: 92.9%. Student learning outcomes are seen from the classical completeness criteria students on the cognitive aspects of products, processes, affective, and psychomotor successively get a percentage of 87.2%, 97.4%, 97.4%, and 97.4% complete. Positive student responses which amounted to 88.41%. From the results of the validation, the level of implementation, student learning outcomes and student of classical completeness student responses can be interpreted in the integrated science learning is very decent.

Keywords: Development, feasibility, integrated science, webbed, blood pressure


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.