KEMAMPUAN PEDAGOGICAL KNOWLEDGE (PK) GURU IPA DI SMPN 1 CANDI DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013

NUR UTAMININGTYAS

Abstract


Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memotret PK seorang guru IPA di SMPN 1 Candi Sidoarjo dalam membelajarkan IPA sesuai Kurikulum 2013. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Candi Sidoarjo dengan menggunakan sampel satu orang guru IPA, dan 33 orang siswa kelas VIII-G. Pemilihan sampel ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas siswa, kuesioner siswa, pedoman wawancara siswa, dan lembar esai Content Representation (CoRe). Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa kemampuan pedagogik guru berada dalam kategori baik berdasarkan dari tujuh aspek kompetensi pedagogik yaitu, mengenal karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, dan penilaian dan evaluasi.


 


Kata Kunci: Pedagogical Knowledge, Kemampuan Pedagogik, Guru IPA, Kurikulum 2013


 


Abstract


This study is a descriptive study that aims to photograph the PK a science teacher at Junior High School 1 Candi Sidoarjo in how he/she teaching science using  Curriculum2013. The study was conducted in Junior High School 1 Candi Sidoarjo by using a sample of one science teacher and 33 students of class VIII-G. The sample selection was done by using purposive sampling. Instruments used include observation of student activity sheet, the student questionnaire, interview students, and essay sheet Content Representation (CoRe). Data were analyzed using analysis techniques Miles and Huberman which includes data reduction, data display, and conclusion. The final conclusion of this study is the teacher’s Pedagogical Knowledge  are good in both categories based on seven aspects of Pedagogical Knowledge, namely, knowing the characteristics of learners, mastering learning theory and principles of learning, curriculum development, learning activities, develop the potential of students, communication with learners, and assessment and evaluation.


 


Keywords: Pedagogical Knowledge, Science Teacher, Curriculum 2013


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.