KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI ASAM, BASA, DAN GARAM DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Pungky Dilaka Putri

Abstract


Abstrak 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan komunikasi secara tertulis dan lisan dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental atau eksperimen semu dengan rancangan one group pre-test post-test design. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Dlanggu, Mojokerto. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas pada keterampilan komunikasi secara tertulis diperoleh X2 hitung  (6,67) < X2 tabel (11,1), sehingga kesimpulannya data berdistribusi normal. Dari analisis  pada uji N-gain skor menunjukkan adanya peningkatan untuk tiap aspek keterampilan komunikasi secara tertulis. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, dibuktikan dengan hasil uji t-dua pihak didapat ttabel= -2,00 > t hitung = -15,24 dengan taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas pada keterampilan komunikasi secara lisan diperoleh X2 hitung  (4,61) < X2 tabel (9,49), sehingga kesimpulannya data berdistribusi normal. Dari analisis  pada uji N-gain skor menunjukkan adanya peningkatan untuk tiap aspek keterampilan komunikasi secara lisan. Perbedaan hasil pre-test dan post-test dikatakan signifikan, dibuktikan dengan hasil uji t-dua pihak didapat ttabel= -2,00 > t hitung = -8,00 dengan taraf signifikan α = 0,05.


 


Kata kunci: Pendekatan Saintifik, Keterampilan Komunikasi Siswa



Abstract


This study aimed to describe skills in written and oral communication with the scientific approach. This type of research is Pre-Experimental or quasi-experimental design with one group pre-test post-test design. Subjects used in the study were students of class VII C SMP Negeri 1 Dlanggu, Mojokerto. Based on calculations normality test on communication skills in writing is obtained X2 count (6,67) < X2 table (11.1), so the normal distribution of data conclusion. From the analysis of the N-gain test scores showed an increase to every aspect of communication skills in writing. Differences in the pre-test and post-test is said to be significant, as evidenced by the t-test results of the two parties to come ttabel = -2.00 > t = -15.24 with significance level α = 0.05. Based on calculations normality test on verbal communication skills acquired X2 count (4.61) < X2 table (9.49), so the normal distribution of data conclusion. From the analysis of the N-gain test scores showed an increase for each aspect of verbal communication skills. Differences in the pre-test and post-test is said to be significant, as evidenced by the t-test results of the two parties to come ttabel = -2.00 > t = -8.00 with significance level α = 0.05.

Keywords: Scientific Approach, Communication Skills Students


 


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.