PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SMP

ANA SAFITRIbm

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, literasi sains siswa dan respon siswa terhadap pendekatan saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan one grup pretest posttest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas VIII-A SMPN 21 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik berlangsung dengan baik, dengan peningkatan skor rata-rata dari 3,82 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 1 menjadi 3,93 dengan kriteria sangat baik pada pertemuan 2. Peningkatan level literasi sains siswa 71,8% pada level 2 dan 28,2% berada pada level 3, menjadi 43,6% berada pada level 3, 53,8% berada pada level 4 dan 2,6% berada pada level 5. N-Gain hasil pretest dan posttest dinyatakan mengalami peningkatan. Siswa memberikan respon positif baik terhadap proses pembelajaran pendekatan saintifik dengan persentase 97% dengan kriteria sangat baik. Hasil ini menyatakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada sub materi zat aditif dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.


Kata Kunci: Literasi Sains, Pendekatan Saintifik


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.