PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E MATERI SISTEM TRANSPORTASI PADA MANUSIA DENGAN MEDIA “LIGHTS CIRCULATORY” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

FITA SUKMA ARINI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, dan respons siswa setelah penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi Sistem Transportasi pada manusia dengan media Lights Circulatory. Penelitian dilaksanakan di SMPN 51 Surabaya pada kelas VIII-B yang kelasnya memiliki jumlah 37 siswa pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah pre eksperimental  menggunakan rancangan one group pretest-posttest design dengan menggunakan satu kelas tanpa adanya kelas pembanding. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar hasil belajar, dan lembar angket. Analisis dilakukan secara deskriptif kuantitatif.


Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi Sistem Transportasi pada manusia telah terlaksana dengan kriteria sangat baik dengan rata-rata skor pada kelas VIII-B sebesar 3,73. Hasil belajar siswa kompetensi sikap diketahui bahwa telah mencapai kriteria ketuntasan “Baik dan Sangat Baik”. Hasil belajar kompetensi pengetahuan memperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Hasil belajar kompetensi keterampilan memperoleh rata-rata mencapai predikat A-. Seluruh siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi Sistem Transportasi pada manusia, dengan menggunakan Media “Lights Circulatory”.


Kata kunci : Model pembelajaran Learning Cycle 5E, materi Sistem Transportasi pada manusia, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, respons siswa      


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.