KELAYAKAN PERMAINAN ADVENTURE CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

ALFIYAN ZULIANTO

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan permainan adventure card sebagai media pembelajaran sistem ekskresi manusia yang layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang terdiri atas enam tahapan yaitu penentuan potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, telaah dan revisi, validasi, dan uji coba produk. Proses uji coba produk dilakukan pada siswa kelas VIII SMP dengan desain penelitian one group pretest –posttest design. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu berdasarkan kevalidan permainan adventure card memperoleh nilai sebesar 3,72 dengan kriteria sangat baik, kepraktisan permainan adventure card ditinjau dari respon siswa memperoleh nilai sebesar 3,62 dengan kriteria sangat baik, dan keefektifan permainan adventure card ditinjau dari ketuntasan klasikal dan peningkatan hasil belajar yang tercapai dengan baik dengan rincian ketuntasan klasikal setelah menggunakan permainan mencapai 100% dan seluruh siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan rincian 31,25% siswa mengalami peningkatan hasil belajar kategori tinggi dan sebanyak 68,75% siswa dalam kategori sedang, hal ini didukung dari hasil observasi lima aktivitas siswa yang menunjukkan bahwa aktivitas siswa menggunakan permainan sesuai dengan petunjuk permainan menjadi aktivitas paling sering muncul dengan persentase 32,28%. Maka dapat disimpulkan bahwa permainan adventure card sebagai media pembelajaran pada materi sistem ekskresi manusia layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.


Kata Kunci: media pembelajaran, permainan kartu, sistem ekskresi manusia.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.