KELAYAKAN TEORITIS LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERINTEGRASI POTENSI LOKAL TAMBAK GARAM PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MELATIKHAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

BHETARI ANGIRHA M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis LKS berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi potensi lokal tambak garam pada materi pemisahan campuran berdasarkan syarat didaktik, konstruksi, dan teknis. LKS dalam penelitian ini dikembangkan dengan  menggunakan  model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate), namun hanya terbatas sampai tahap develop. Sumber data dari penelitian ini adalah hasil validasi terhadap LKS yang meliputi kriteria kelayakan didaktik, konstruksi, dan teknis. Instrumen yang digunakan adalah  lembar validasi dan rubrik. Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli yang terdiri dari dua orang dosen Prodi Pendidikan IPA  dan satu orang guru SMP. Hasil validasi terhadap LKS yang dikembangkan, diperoleh persentase pada kriteria didaktik sebesar 95.83 %, konstruksi  sebesar  84.26%, dan teknis sebesar  91.67%. Adapun rata-rata persentase kelayakan teoritis LKS sebesar  90.59%, yang termasuk dalam kategori sangat layak.


 


Kata Kunci : Kelayakan  Teoritis LKS, Inkuiri Terbimbing, Potensi Lokal Tambak Garam, Pemisahan Campuran, Keterampilan Proses Sains


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.