PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING PROCESS (OLP) MELALUI PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI KLASIFIKASI TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP

WULAN SUCI RAMADHANI bm

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang (1) keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama menerapkan pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 1 Sampang, (2) aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 1 Sampang, (3) ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan di kelas VII SMP Negeri 1 Sampang, dan (4) respon siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sampang terhadap pelaksanaan pembelajaran OLP melalui pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar materi klasifikasi tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan menggunakan rancangan “One Group Pre-test Post-test  Design”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama menerapkan pembelajaran OLP pada pertemuan 2 dan pertemuan 3 sudah terlaksana dengan sangat baik karena mendapatkan penilaian dari ketiga pengamat dengan persentase ≥ 80%. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran OLP sangat aktif. Aspek aktivitas siswa yang tinggi terdapat pada saat mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru, mengamati tumbuhan di lingkungan sekitar sekolah, aspek mencari informasi yang berkaitan dengan materi, dan aspek mengerjakan LKS secara berkelompok dan mendiskusikannya yakni sebesar 100%. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas VII-A setelah mengikuti pembelajaran OLP mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase sebesar 81,3%. Sebelum mengikuti pembelajaran OLP diperoleh data nilai siswa VII-A KD 3.3 ketuntasan klasikal hanya mencapai 25%. Hal ini menunjukkan ada peningkatan persentase ketuntasan klasikal yang signifikan dibandingkan nilai sebelumnya yang belum menerapkan pembelajaran OLP. Respon siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran OLP yakni dengan persentase sebesar 97,8% siswa setuju dan tertarik dengan pembelajaran OLP.


Kata Kunci : pembelajaran Outdoor Learning Process (OLP), sumber belajar, klasifikasi tumbuhan, hasil belajar


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.