PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) IPA PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS VII DI SMPN 1 MENGANTI

SURIANI NANDA PUTRI

Abstract


Lembar Kegiatan Siswa (LKS) materi interaksi antar makhluk hidup dan lingkunganya dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu penunjang pelaksanaan suatu pembelajaran yang aplikatif. LKS dikembangkan dengan 7 prinsip CTL, yaitu konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian sebenarnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kelayakan LKS IPA pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan pendekatan CTL di SMPN 1 Menganti ditinjau dari landasan teoritis yaitu berdasarkan kriteria kelayakan isi, kebahasaan, sajian dan kegrafisan oleh para ahli. (2) Mendeskripsikan kelayakan LKS IPA pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan pendekatan CTL di SMPN 1 Menganti ditinjau dari landasan empiris yaitu berdasarkan kualitas keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), hasil penilaian LKS 1 dan 2, penilaian lembar evaluasi, penilaian produk, tes kinerja dan pengamatan sikap, dan angket respon siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan desain instruksional pengembangan 4-D. Desain pengembangan ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu: (1) Define (tahap pendefinisian), (2) Design (tahap perancangan), (3) Develop (tahap pengembangan), (4) Dissaminate (tahap pendiseminasian). Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap yang ketiga yakni Develop (tahap pengembangan). Kelayakan teoritis LKS 1 dan 2 mendapatkan kriteria layak-sangat layak. Kelayakan empiris, nilai ketuntasan adalah 84,40%. Angket respon siswa diperoleh 93,30% respon positif dan 6,70% menunjukkan respon negatif.


Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dan Contextual Teaching and Learning (CTL).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.