PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MYSTERY ADVENTURE SEBAGAI MEDIA DALAM PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN MAKANAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI LISAN SISWA

EMI LESTARI SETIA H

Abstract


Materi Sistem Pencernaan Makanan memuat bahasan yang cukup luas dalam Kurikulum 2013 dan termasuk materi yang sulit bagi siswa. Kurikulum 2013 menekankan pada penggunaan 5M dalam proses pembelajaran, siswa harus memiliki kemampuan akademik dan memiliki keterampilan salah satunya keterampilan berkomunikasi. Tujuan dari pengembangan media pembelajaran ini yaitu untuk menghasilkan media permainan yang layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan sebagai media dalam pembelajaran materi Sistem Pencernaan Makanan. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ASSURE. Adapun sasaran dalam uji coba penelitian ini adalah 16 siswa kelas VIII-D SMPN 1 Dlanggu Mojokerto. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode validasi, metode observasi, metode tes, dan metode angket. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Persentase validitas media berdasarkan hasil validasi dari para ahli sebesar 89,20% (sangat valid). Persentase kepraktisan media berdasarkan aktivitas siswa sebesar 93,83% (sangat praktis). Persentase keefektifan media berdasarkan ketuntasan keterampilan komunikasi lisan siswa sebesar 100% (sangat efektif), dengan ketuntasan nilai siswa ≥65. Persentase keefektifan media berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 100% (sangat efektif), dengan ketuntasan nilai siswa ≥75. Persentase keefektifan media berdasarkan respon siswa sebesar 99,38% (sangat efektif). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media permainan Mystery Adventure dinyatakan layak berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan sebagai media dalam pembelajaran materi Sistem Pencernaan Makanan.


Kata Kunci: media permainan Mystery Adventure, materi Sistem Pencernaan Makanan, keterampilan komunikasi lisan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.