PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN DOMINO CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII

APRILLIA EKA WARDANY

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan permainan domino card pada materi sistem ekskresi terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 3 Peterongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Postest dengan 1 kelas eksperimen dan 2 kelas replikasi. Data yang diukur meliputi validitas permainan domino card, motivasi belajar menggunakan ARCS dari John Keller, hasil belajar meliputi aspek pengetahuan , sikap dan keterampilan. Sasaran dilakukan denganmenggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-A, VIII-B dan VIII-C SMPN 3 Peterongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menghitung rata-rata tiap komponen ARCS angket motivasi, metode analisis data untuk hasil belajar menggunakan uji normalitas, uji n-gain dan uji-t. Metode analisis data dari aspek sikap dan aspek keterampilan menghitung rata-rata tiap kelas. Hasil validasi menunjukkan bahwa permainan domino card  layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase 82,51%. Hasil angket motivasi menunjukkan pada aspek attention, relevance, confidence dan satisfaction tiap kelas mendapatkan kriteria baik. Hasil belajar aspek pegetahuan pada ketiga kelas menunjukkan peningkatan dengan N-Gain berturut-turut 0,73; 0,66 dan 0,75 dan hasil dari uji-t dari ketiga kelas menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran antara ketiga. Pada aspek sikap sosial, spiritual dan aspek keterampilan masing-masing kelas mendapat predikat sangat baik.


 


Kata Kunci: domino card, motivasi belajar, hasil belajar siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.