PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPA BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI PADA SUBTOPIK UNSUR, SENYAWA, CAMPURAN KELAS VII SMP/MTs

MAMUROTUS SAIDAH

Abstract


Buku ajar IPA berbasis multiple representasi pada subtopik unsur, senyawa, campuran, dikembangkan dengan tujuan untuk memberikan fasilitas pada setiap siswa yang memiliki tingkat kecerdasan berbeda dalam memahami berbagai konsep abstrak yang ada di dalam materi subtopik tersebut sehingga dapat dinalar menjadi sesuatu yang lebih konkret. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan buku ajar ditinjau dari validitas buku ajar, keterlaksanaan penggunaan buku ajar, keterbacaan buku ajar, hasil belajar siswa aspek pengetahuan dan keterampilan serta respon siswa setelah menggunakan buku ajar IPA berbasis multiple representasi pada materi subtopik unsur, senyawa, campuran. Jenis penelitian yaitu pengembangan. Prosedur penelitian merupakan modifikasi dari model pengembangan Borg and Gall dengan rancangan penelitian menggunakan One Group pre-test and post-tes design. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs. Misriu Al-Hasan Kediri tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa validitas buku ajar berbasis multiple representasi pada subtopik unsur, senyawa dan campuran berada dalam kategori sangat valid dengan skor rata-rata 94,79%, hasil keterlaksanaan penggunaan buku ajar diperoleh nilai 97,25% dengan predikat praktis, keterbacaan buku ajar sebesar 96,85% dengan kategori sangat baik, hasil belajar siswa aspek pengetahuan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 93,33% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,80 dengan kriteria tinggi, serta hasil belajar aspek keterampilan sebesar 95 dengan kategori sangat baik, sedangkan respon siswa setelah menggunakan buku ajar masing-masing kriteria berturut-turut sebesar 93,33%; 100%; dan 95,55% dengan kriteria respon positif sangat kuat.


 


           Kata Kunci: Buku ajar IPA, Multiple representasi, kelayakan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.