PENGEMBANGAN PERMAINAN TALK CARD PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI

Danang Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi siswa setelah pembelajaran menggunakan media permainan talk card pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu pengembangan sesuai prosedur pengembangan 4-D tetapi tahap desseminate atau tahap penyebaran tidak dilakukan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode validasi dan metode observasi, angket serta tes melalui uji coba terbatas kepada 16 siswa kelas VII SMP Negeri 5 sidoarjo. Analisis data hasil validasi media permainan talk card yang telah dikembangkan memperoleh presentase kevalidan dari segi isi sebesar 92,5%, penyajian 87,5%, kebahasaan sebesar 85% , permainan 92,5%, dan proses komunikasi sebesar 97% dengan kategori sangat valid. media permainan talk card yang telah divalidasi layak digunakan dalam pembalajaran untuk melatihkan keterampilan komunikasi siswa kelas VII SMP. Hasil keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan yang dilihat dari hasil nilai post-test terhadap nilai pre-test keterampilan komunikasi siswa. Rata-rata peningkatan keterampilan komunikasi siswa sebesar 60% dengan nilai N-Gain (<g>=0,6) kategori peningkatan sedang. Siswa memberikan respon positif terhadap media permainan talk card, dengan presentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 99,4% dengan kategori sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa Media Permainan Talk Card Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan tersebut dapat melatihkan keterampilan komunikasi siswa serta layak digunakan dalam pembelajaran IPA.


Kata kunci: Media Permainan Talk Card, Materi Interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya, Keterampilan Komunikasi siswa


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.