PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

WILLIARKO FIRDAUS

Abstract


Abstrak


Penelitian ini tentang penerapan pendekatan saintifik pada materi interaksi antar makhluk hidup di kelas VII yang bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, aktivitas siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperiment dengan menggunakan rancangan penelitian One Group Pre-test-Post-test Design. Sasaran penelitian ini  adalah siswa kelas VII-D dan VII-G SMP Negeri 32 Surabaya. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berpendekatan saintifik menunjukkan kriteria sangat baik pada pertemuan 1 dan pertemuan 2, dengan skor 3,6 dan skor 3,6. Aktivitas siswa terkait 5M menunjukkan bahwa 100% aktivitas siswa terlaksana dengan skor 3,6 untuk kelas VII-D dan dengan skor 3,5 untuk kelas VII-G. Dari analisis uji gain skor pada kelas VII-D dan VII-G diperoleh rata–rata perbandingan perolehan nilai pre-test dan post-test mengalami peningkatan sebesar 65% dan 60%. Rata-rata skor pre-test siswa yaitu 42,5 untuk kelas VII-D dan 50 untuk kelas VII-G, dengan demikian ketuntasannya yaitu 0%, artinya tidak ada skor siswa yang dapat mencapai ketuntasan. Sedangkan pada post-test terjadi peningkatan ketuntasan nilai, semua siswa tuntas untuk kelas VII-D dan rata-rata skor post-test siswa yaitu sebesar 80. Persentase ketuntasan siswa pada post-test sebesar 100%. Namun untuk kelas VII-G sejumlah 35 siswa pada nilai post-test dikatakan tuntas dan 1 orang tidak tuntas. Rata-rata skor post-test siswa yaitu sebesar 80 dan persentase ketuntasan siswa pada post-test sebesar 97,2%. Siswa memberikan respons postif sangat baik terhadap proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebesar 93,4% dan 95,1%.


Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Pendekatan Saintifik


 


Abstract


This research is about the implementation of scientific approach in the interaction materials learning between living  of Junior High School students in class VII, which is aimed to describe the implementation of scientific approach based learning, students activity, and the increasing students learning outcomes. This research is a Pra-Eksperiment by using research design namely One Group Pre-test-Post-test Design. The goal of this research is the students of class VII-D and VII-G in Junior High School of 32 Surabaya. The research was conducted on May. The research result shows that the learning implementation by using scientific approach is very good at meeting 1 and 2, with 3,6 score and 3,6 score. The students activity about 5M show that 100% of the activity has done with 3,6 score for class VII-D and 3,5 for class VII-G. From the gain test analysis in class VII-D and VII-G, it is obtained the average ratio of the pre-test and post-test scores which have increased as 65% and 60%.  The average of students pre-test score in class VII-D are 42,5 and in class VII-G are 50, thus the completeness is 0%. It  means, there is no score of students which achieves the completeness. Whereas, there is an increasing of score for the students post-test, all students of VII-D have passed and got score 80. The percentage of complete students in the post-test are 100%. However, in class VII-G there are 35 students on post test that completed and one person did not complete. The average of post-test score for students are 80 and the percentage of completness in the post-test are 97,2%. The students gave positive and very good responses for the learning process by using scientific approach as 93,4% and 95,1%.


Keywords: Scientific Approach, Student Learning


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.