PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SISTEM TRANSPORTASI PADA MAKHLUK HIDUP

HUNI HINDRATI

Abstract


Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa terhadap model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Transportasi pada Makhluk Hidup. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest design. Sasaran pada penelitian ini adalah kelas VIII-6 SMPN 1 Tanjunganom yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes yang diberikan sebelum (pretest) dan setelah pembelajaran (posttest). Analisis data peningkatan hasil belajar siswa menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu rerata nilai pretest hanya sebesar 46,6 sedangkan hasil rerata nilai posttest meningkat menjadi 81,4 dengan N-Gain reratanya sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Persentase ketercapaian indikator soal setelah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi sistem transportasi pada makhluk hidup diberikan post-test, seluruh indikator soal mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran model inkuiri terbimbing pada materi sistem transportasi pada makhluk hidupdapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Kata kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Sistem Transportasi pada Makhluk Hidup


Abstract



This study aims to describe student’s result study to guided inquiry learning model in material of transportation system of living organism. This type of research is pre-experimental design using   one group pretest-posttest design. The subjects are class of VIII-6 in SMPN 1 Tanjunganom that there are 32 students. Method of collecting data by using a method of test given before (pretest) and after instruction (posttest). Data analysis of the student’s result using test N-Gain. The results showed that student’s result study increased with average of pretest are 46,6, while average of postest are 81,4 with n-gain as 0.64 with medium category. Percentage of achievement indicators matter after learning process using guided inquiry learning model on transportation system of living organism given a post-test, all indicators about the increased achievement. Based on the results of the study it can be concluded that the guided inquiry learning model  in material of transportation system of living organism increase the student’s result study.


Keywords: Guided Inquiry Learning Model, Result Study, Transportation System of Living Organism.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.