PENGEMBANGAN PERMAINAN JAMURAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN DI KELAS VII

DINA LISWATI

Abstract


Abstrak


Proses pembelajaran IPA tidak lagi berpusat pada guru melainkan berpusat pada siswa sehingga membuat siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran dilakukan secara menyenangkan dengan menggunakan media pembelajaran dalam kurikulum 2013, hal ini perlu dilakukan agar terjadi peningkatan hasil belajar yang maksimal, salah satu media pembelajaran yaitu media permainan Jamuran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media secara teoritis dan secara empiris. Jenis penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 24 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah dosen IPA, guru IPA, dan siswa kelas VII A SMP Negeri 24 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media secara teoritis memperoleh persentase 91,79% dengan kriteria sangat layak, hasil persentase aktivitas siswa sebesar 87,5% dengan kriteria sangat baik, kemudian perolehan hasil respon siswa sebesar 100% dengan kriteria sangat baik serta hasil belajar yang mengalami peningkatan dengan n-Gain sebesar 0,5 dengan kriteria sedang .


Kata Kunci : Media Pembelajaran, Permainan Jamuran, Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan


Abstract


Proses science learning no longer a teacher-centered but a student-centered so as to make students actively involved in learning activities. The process of learning sciencene by using a medium of learning in the curriculum in 2013, it is necessary to ensure an increase in maximum learning results, on of the learning media is Jamuran games. This study aims to describe feasibility of media theoretically and empirically. This type of research Research and Development (R & D). Data collection technique used method of observation and research tests carried out in SMP Negeri 24 Surabaya in the second semester of the 2015/2016 academic year with the research subjects were students of class VII A SMP Negeri 24 Surabaya. Based on the results of the feasibility study showed that the percentage of media theoretically acquire 91.79% with a very decent criteria, the percentage of student activity amounted to 87.5% with the criteria very well, then the result of the acquisition of 100% student response with very good criteria and learning outcomes increased with n-Gain of 0.5 with a criteria medium.


Keywords: Learning Media, Jamuran Games, Interaction living creatures with the environment


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.