PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PBM UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

ANIS MUFARROHAH

Abstract


PBM (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) didefinisikan sebagai pembelajaran yang membantu siswa untuk belajar  keterampilan melalui permasalahan autentik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran yang meliputi kesahihan (validitas), keterlaksanaan pembelajaran,  keterampilan proses sains siswa, hasil belajar siswa dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran berorientasi PBM (Pembelajaran Berdasarkan Masalah) pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yakni model 4-D (define, design, develop, dan desseminate), tetapi penelitian ini hanya terbatas sampai pada tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan perangkat pembelajaran dengan rata-rata total sebesar 3,1 dengan kriteria baik. Keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu sebesar 76,5% dengan kriteria baik sedangkan pada pertemuan kedua sebesar 82,4% dengan kriteria baik. Keterampilan proses sains siswa pada pertemuan pertama dan kedua dinyatakan tuntas 100% dengan kriteria “baik” dan “Sangat Baik”.   Respon siswa terhadap kelayakan perangkat mendapatkan rata-rata presentase sebesar 98,7% dengan kriteria baik sekali, artinya perangkat pembelajaran berorientasi PBM mendapatkan respon positif dari siswa.


.


Kata Kunci: PBM (Pembelajaran Berdasarkan Masalah), Keterampilan Proses sains, Pencemaran Lingkungan.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.