PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN BENTENGAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

Dita Silviana Chichinnda

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan permainan bentengan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan permainan bentengan yang layak sebagai media pembelajaran ditinjau berdasarkan validitas, kepraktisan dan keefektifan media. Metode yang digunakan mengacu pada metode R&D (Research and Development). Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap pengembangan saja. Hasil penelitian adalah validitas media permainan bentengan dikatakan valid sebagai media pembelajaran pada materi pemanasan global ditunjukkan dengan perolehan persentase rata-rata kelayakan media yaitu sebesar 91,70% pada kriteria ke-ipa-an, 91,70% pada kriteria permainan, 86,10% pada kriteria kesesuaian materi, 90,0% pada kriteria penyajian media, dan sebesar 87,50% pada kriteria kebahasaan. Semua aspek mendapatkan kategori sangat valid. Kepraktisan media memperoleh persentase rata-rata sebesar 100% pada indikator ketertarikan siswa, mendapat 85,7% pada indikator kemenarikan permainan, mendapat 71,4% pada indikator kejelasan bahasa dan sebesar 88,1% pada indikator sikap dengan mendapatkan kategori penilaian sangat kuat. Sedangkan keefektifan media yang ditinjau berdasarkan hasil pretest dan postest dengan perhitungan gain skor yaitu sebesar 0,40 dengan kategori “sedang” serta berdasarkan ketuntasan klasikal yang memperoleh persentase sebesar 85,71%.


Kata Kunci: permainan bentengan, R&D, pemanasan global.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.