KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PLANTED QUESTION PADA MATERTI PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA SMP KELAS VII

Sabiili Yuliastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran berbasis planted question pada materi pemanasan global untuk SMP kelas VII secara teoritis dan empiris yang meliputi silabus, RPP, LKS, hasil belajar (pengetahuan), dan instrumen penilaian. Adapun kelayakan secara teoritis  berdasar melalui validasi, sedangkan kelayakan secara empiris meliputi keterlaksanaan; aktivitas siswa; danhasil belajar (pengetahuan). Jenis penelitian pengembangan 4-D  yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Namun penelitian ini hanya sampai metode pengembangan. Desain penelitian adalah one group Pre-test and Post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan metode validasi, observasi, dan tes. Penelitian tahap pendefinisian hingga pengembangan dilaksanakan pada bulan April hingga Juli 2016 di Prodi Pendidikan Sains Unesa sedangkan uji coba dilaksanakan pada 23 dan 25 Juli 2016 di SMP Negeri 1 Balongbendo. Subyek uji coba berupa perangkat pembelajaran berbasis planted question yang diberikan kepada 37 siswa SMPN 1 Balongbendo. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran layak secara teoritis maupun empiris. Kelayakan secara teoritis berdasarkan persentase hasil validasi silabus, RPP, LKS dan instrumen penilaian secara berturut-turut bernilai sebesar 96%, 98%, 98%, dan 95%. Kelayakan secara empiris berdasarkan hasil keterlaksanaan siswa menunjukkan nilai rerata dua pertemuan 3,64 dengan kriteria sangat baik; aktivitas bertanya siswa lebih tinggi dari pada aktivitas berpendapat siswa, keduanya menunjukkan adanya peningkatan kognisi pada petemuan kedua; dan hasil belajar siswa menunjukkan rerata 78 dengan kriteria tuntas. 


Kata Kunci: perangkat pembelajaran, planted question, pemanasan global


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.