PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MATERI PEMANASAN GLOBAL PADA SISWA KELAS VII

NUR ISTIQOMAH MARDHOTILLAH

Abstract


Abstrak


 


Telah dilakukan penelitian yang berjudul Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Materi Pemanasan Global. Tujunnya untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan LKS pada materi pemanasan global yang diberikan kepada siswa kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian  pre–experimental design dan menggunakan desain one group pretest-postest design. Data yang diukur dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) pada kelas VII-C di SMP Negeri 2 Lamongan dengan jumlah siswa 32 siswa. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan  pemberian tes sebelum dan setelah pembelajaran (yaitu pretest dan postest). Data akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan uji n-gain ternormalisasi untuk mengetahui adanya meningkatnya hasil belajar pada kelas VII-C tersebut. Terdapat peningkatan hasil belajar pada kelas VII-C yang dibuktikan dengan perolehan hasil uji N-Gain dari nilai pretest dan posttest sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Dari hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas VII menggunakan LKS materi pemanasan global.


 


Kata kunci : Lembar Kegiatan Siswa, Hasil Belajar.


 


 


 


 


Abstract


Has conducted a study entitled Improved Learning Outcomes Through Student Activity Sheet (LKS) Material Global Warming. Which aims to improve student learning outcomes through learning by using worksheets on global warming material given to students of class VII. This study is a pre-experimental design and design using one-group pretest-posttest design. Data measured in this study includes the results of student learning. The method used in this study was conducted using the method of R & D (Research and Development) in class VII-C in SMP Negeri 2 Lamongan by the number of students 32 students. In collecting the data, this study used a test before and after the administration of learning (pretest and posttest). Data will be analyzed by descriptive quantitative with n-gain normalized test to detect increased learning outcomes in class VII-C is. There is an increased learning outcomes in class VII-C is evidenced by the acquisition of test results of N-Gain of pretest and posttest values ​​of 0.77 to a high category. From these results we concluded that an increase in class VII student learning outcomes using material LKS global warming.


 


Keywords: Student Activity Sheet, The Result Of The Study.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.