PENERAPAN SCIENTIFIC APPROACH DENGAN BANTUAN MEDIA ANIMASI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

NURUL AZIZAH

Abstract


Abstrak


Penelitian ini merupakan penelitian penerapan scientific approach dengan bantuan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest-Posttest Design, rancangan penelitian yaitu  satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII-E, VIII-H, dan VIII-I SMP Negeri 13 Surabaya. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji N-gain hasil belajar siswa aspek pengetahuan yaitu pada kelas VIII-E sebesar 0,63 dengan kriteria sedang, kelas VIII-H sebesar 0,55 dengan kriteria sedang, dan kelas VIII-I sebesar 0,48. Pada hasil belajar aspek keterampilan, rata-rata siswa pada ketiga kelas mendapatkan predikat B+. Berdasarkan hasil data diatas di dapatkan kesimpulan bahwa hasil belajar aspek pengetahuan mengalami peningkatan yang signifikan,sedangkan pada aspek keterampilan siswa dapat dikatakan tuntas. Secara utuh dapat dikatan pembelajaran yang dilakukan menggunakan scientific approach dengan bantuan media animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan materi sistem tata surya kelas VIII.


Kata Kunci: scientific approach, hasil belajar.


 


Abstract


This research is the implementation of scientific research approach with the help of animation to improve student learning outcomes in the solar system material grade VIII. This research aimed to analyze the learning outcomes to science learning in the scientific approach with the help of animation media in solar system at 8th grade of middle school. This research is Pre-Experimental Design with one group pretest-posttest design, planned on one experimental class and two classes of replication. The research sample is class VIII-E, VIII-H and VIII-I SMP Negeri 13 Surabaya. The results obtained based on N-gain test in class VIII-E of 0.63 with the criteria of average, VIII-H at 0.55 with the criteria of average, and VIII-I 0.48. On learning outcomes of skill aspect, most of student in three classes got B+. Based on the data above, it can concluded that learning outcomes aspects of knowledge has increased significantly, while the aspect of student skills is completed. As a fully it can be said that learning conducted using the scientific approach with the help of animation can improve student learning outcomes in both aspects of knowledge and skills of the solar system material in grade VIII.


Keywords: scientific approach, learning outcomes.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.