KEEFEKTIFAN LEMBAR KEGIATAN SISWA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KELAS VII SMP

MILDA DWI LESTARI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKS Pemisahan Campuran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Research and Development (R&D) yang dilaksanakan sampai pada ujicoba terbatas. Sasaran penelitian ini adalah LKS Pemisahan Campuran untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan angket. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar siswa, dan lembar angket respon siswa. LKS ini dinyatakan layak berdasarkan  keefektifannya dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang memperoleh persentase sebesar 66% dengan interpretasi efektif, serta peningkatan hasil belajar siswa sebesar 58% yang termasuk pada kriteria gain tinggi dan 42% siswa pada kriteria gain sedang. Adapun dari segi keterampilan proses sains siswa LKS Pemisahan Campuran dinyatakan belum efektif karena hanya memperoleh persentase sebesar 60%, namun peningkatan keterampilan proses sains siswa menunjukkan 58% siswa masuk pada kriteria gain tinggi dan 42% siswa masuk pada kriteria gain sedang. Adapun respon positif siswa memperoleh persentase sebesar 88% dengan interpretasi sangat efektif. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa LKS Pemisahan Campuran efektif berdasarkan hasil belajar kognitif siswa, dan respon  postitif siswa, namun LKS Pemisahan Campuran dinyatakan belum efektif berdasarkan ketuntasan keterampilan proses sains siswa


 


Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa, Keterampilan Proses Sains, Pemisahan Campuran


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.