IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VII

NUR ADHIMAH bm

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan hasil belajar siswa, dan respons siswa terhadap model pembelajaran guided discovery pada materi fotosintesis kelas VII SMPN. Jenis penelitian pre experimental design dengan menggunakan satu kelas perlakuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Cerme tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 siswa dan rancangan penelitian menggunakan one group pre-test and post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan angket Hasil data penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran guided discovery memperoleh persentase keterlaksanaan sebesar 97,46% dengan kriteria sangat baik. (2) Penerapan pembelajaran guided discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan hasil perhitungan uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebesar 0,6489 dengan kategori sedang. (3) Siswa memberikan respon sangat baik terhadap implementasi model pembelajaran guided discovery dengan diperoleh persentase sebesar 97,27% dengan kriteria sangat baik.


 


Kata kunci : guided discovery, hasil belajar , fotosintesis


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.