KEEFEKTIFAN LKS BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS

ALI MUSTOFA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan LKS berbasis model pembelajaran discovery learning sebagai salah satu bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa pada submateri sifat-sifat cahaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan 4-D (define, design, develop, desseminate) terbatas pada tahap develop. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar tes kemampuan literasi sains yang terdiri dari pretest dan posttest masing-masing terdiri dari 10 soal dan lembar angket respons siswa. Hasil tes menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 87,50% dengan kategori sangat baik. Ketuntasan pada indikator pembelajaran pada aspek konten sains sebesar 93,75% dengan kategori sangat baik, aspek proses sains sebesar 67,50% dengan kategori baik dan aspek konteks aplikasi sains sebesar 98,44% dengan kategori sangat baik. Perolehan nilai N-Gain Score sebesar 0,4 dengan kategori sedang. Hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.


Kata Kunci: Keefektifan, LKS, Literasi Sains


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.