PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS VIII

FRIDA DWI KURNIATY

Abstract


Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam diri manusia menjadi lebih baik. IPA merupakan salah satu matapelajaran dalam pendidikan. Pelajaran IPA merupakan kumpulan pengetahuan yang tersusun sistematis yang didalamnya memuat fakta, konsep, dan teori. Berdasarkan penelitian awal, diketahui siswa kurang mampu dalam pelajaran IPA. Hasil belajar (aspek pengetahuan) siswa dalam pelajaran IPA masih kurang maksimal dan penggunaan media permainan belum terlaksana. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan aspek pengetahuan dan aspek keterampilan siswa Kelas VIII setelah diterapkannya model kooperatif tipe TGT. Penelitian menggunakan rancangan penelitian “One-Group Pretest-Posttest Design”. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa aspek pengetahuan mendapatkan nilai gain score sebesar 0,61 dengan kriteria sedang dan mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 100%. Aspek keterampilan yang meliputi keterampilan penggunaan mikroskop, teknik pembuatan preparat, dan penggunaan panca indera dalam pengamatan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 78,67 dengan kategori baik.  


Kata Kunci: Model kooperatif tipe Teams Games Tournament, aspek pengetahuan, aspek keterampilan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Statistik Pengunjung (Sejak 5 Agustus 2019)
Flag Counter
 
Indexing









 

 
Tools







 








Creative Commons License
Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.